BPJT: Ganjil Genap Tol Karawaci Berlaku Usai Pembenahan

NDY, CNN Indonesia | Rabu, 09/05/2018 10:31 WIB
BPJT: Ganjil Genap Tol Karawaci Berlaku Usai Pembenahan Ilustrasi. (CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana kembali melakukan uji coba penerapan ganjil-genap di pintu tol Karawaci pekan depan.

Namun, Kepala BPTJ Bambang Prihartono menekankan uji coba dilakukan apabila pembenahan sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang berhasil dibenahi pekan ini.

"Penerapan di tol Karawaci bukan dibatalkan, hari ini kami tengah mengatur lalu lintas di Tomang," kata Bambang di Jakarta, Selasa (8/5).



Bambang menjelaskan saat ini di perempatan Tomang terjadi penumpukan yang cukup panjang. Pihaknya tengah mencoba memperpendek kemacetan di ruas tersebut.

"Kan kecepatan kendaraan disana tinggi, sehingga penumpukkan lebih panjang," terangnya.

Menurut dia, saat ini ada dua titik yang akan dibenahi kemacetannya, pertama di titik lampu lalu lintas, kedua di ruas masuk kendaraan dari kota. Setelah kedua titik tersebut selesai dibenahi, penerapan ganjil-genap di pintu tol Karawaci akan dilanjutkan.


"Minggu ini kita coba dulu urai macetnya, kalau hasilnya bagus kita akan lakukan uji coba di pintu tol Karawaci minggu depan," ucap Bambang.

Sebelumnya, rencana uji coba ganjil genap di Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4 awalnya akan dilaksanakan pada Senin (7/5). Namun, kebijakan tersebut ditanggguhkan sementara karena BPTJ berniat mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Tangerang dengan membenahi sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang terlebih dulu. (lav/lav)