Perppu Disiapkan, Moeldoko Jamin Ekonomi dan Asian Games Aman

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 14:08 WIB
Perppu Disiapkan, Moeldoko Jamin Ekonomi dan Asian Games Aman Kepala KSP Moeldoko menjamin kondisi ekonomi dan pelaksanaan Asian Games akan aman, karena pemerintah sudah menyiapkan sejumlah langkah mitigasi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengimbau kepada pelaku dunia usaha tetap tenang dalam menanggapi rentetan aksi teror bom yang terjadi di Surabaya. Pemerintah pun akan segera mengambil langkah guna juga memastikan perhelatan Asian Games berjalan aman.

"Pemerintah sudah memitigasi atas kejadian ini. Kami berhadap sekali lagi bahwa semua pelaku dunia usaha supaya tetap tenang," kata Moeldoko di Menara 165, Jakarta, Senin (14/5).

Dia meminta kepada masyarakat khususnya pelaku dunia usaha agar percaya bahwa aparat keamanan dapat mengatasi situasi yang terjadi belakangan ini. Kepolisian, katanya, akan dibantu oleh seluruh instansi terkait termasuk TNI dalam rangka mengatasi situasi agar kembali kondusif.



"Serahkan kepada kepolisian dan TNI untuk menyelesaikan," ucapnya.

Mengenai dampak terhadap Asian Games yang akan dihelat dalam beberapa bulan ke depan, Moeldoko mengatakan pemerintah tidak akan bersikap lambat guna mengatasi situasi yang terjadi belakangan ini. Salah satunya dengan menerbitkan peraturan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu), jika RUU Antiterorisme tidak kunjung disahkan hingga Juni mendatang.


Penerbitan Perppu dilakukan guna mencegah aksi terorisme dapat dilakukan lebih optimal oleh aparat keamanan.

"Kami tidak boleh menangani situasi ini lamban. Instrumen UU akan segera disahkan agar teman-teman di lapangan dapat memberikan tekanan yang semakin kuat . Kami bisa menjamin situasi ke depan akan semakin baik," jelasnya. (agi/agi)