BUJT Akui Dampak Pemberian Diskon Terhadap Pendapatan

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Kamis, 31/05/2018 21:00 WIB
BUJT Akui Dampak Pemberian Diskon Terhadap Pendapatan Ilustrasi jalan tol. (cnnindonesia/safir makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengakui pendapatan pembayaran tol bakal tergerus dengan kebijakan pemberian diskon 10-28 persen selama mudik Lebaran tahun ini.

Salah satu pihak BUJT, Direktur Operasi I PT Jasa Marga Tbk Mohammad Sofyan mengatakan meski raihan pendapatan bisnis tol akan terdampak, tetapi perusahaan tak menganggap hal itu sebagai penghambat pemberian diskon.

"Pasti ada dampak karena soal lalu lintas sama dan ada diskon, tapi fokus kami agar lalu lintas terdistribusi," ucap Mohammad, Kamis (31/5).
Pasalnya, jika kondisi lalu lintas macet total di satu titik, maka akan menyulitkan pengemudi roda empat untuk beristirahat karena jumlah tempat peristirahatan terbatas.


Senada, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengatakan baik pemerintah dan badan usaha memang tak menempatkan pendapatan sebagai hal utama selama mudik Lebaran.

"Karena kami berpikirnya bukan pendapatan akan seperti apa, jadi kenapa bukan Pak Menteri yang umumkan karena memang ini kemauan BUJT sendiri," papar Arie.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Astra Infra Toll Road Sunarto Sastrowiyoto menjelaskan pemberian diskon 10-28 persen berlaku di ruas tol yang dimiliki PT Jasa Marga Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road, PT Nusantara Infrastruktur, PT Citra Marga Nusaphala Persada, PT Jakarta Lingkar Barat Satu, PT Margabumi Matraraya, dan Astra Infra Toll Road.

Diskon tarif tol ini dibagi menjadi tiga waktu, yakni 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018, 15-17 Juni 2018, dan 8-23 Juni 2018.

Bila dirinci, Jasa Marga, Hutama Karya, Waskita Toll Road, Nusantara Infrastruktur, Citra Marga Nusaphala Persada, Jakarta Lingkar Barat Satu, dan Marga Bumi Matraraya memberikan diskon pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018.

Kemudian, Astra Infra Toll Road memberikan diskon pada 15-17 Juni 2018. Saat ini, anak usaha PT Astra International Tbk itu memiliki tiga ruas tol, yaitu Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono.
Selanjutnya, khusus untuk diskon di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang dimiliki oleh Waskita Toll Road dilakukan pada 8-23 Juni 2018 dengan diskon mencapai 28 persen. (lav/agt)