Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Digunakan Mudik

Agus Triyono, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 17:40 WIB
Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Digunakan Mudik Ilustrasi: Tol Trans Sumatera. (Foto: ANTARA FOTO/Tommy Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Hutama Karya (Persero) menyatakan tiga ruas Tol Trans Sumatera siap digunakan untuk difungsikan pada mudik Lebaran 2018 ini.

Bintang Perbowo, Dirut Hutama Karya mengatakan tiga ruas tol tersebut, yakni Medan-Binjai, Palembang-Indralaya dan Bakaeheni-Terbanggi Besar. Total panjang tol yang bisa difungsikan tersebut mencapai 89,6 kilometer.

Total panjang tersebut terbagi atas 31,4 kilometer tol operasional dan 58,2 kilometer sisanya fungsional. Bintang mengatakan walau sudah ada yang operasional, untuk pemudik yang melintasi Tol Bakauheni- Terbanggi Besar belum dikenakan biaya.



"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang terdiri dari jalur operasional mulai dari akses Pelabuhan Bakeheni ke Simpang Susun Bakeheni dan Simpang Susun Lematang menuju Simpang Susun Kotabaru, belum," katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan, Rabu (6/6).

Direktur Jalan Tol Hutama Karya Bambang Pramusinto menjelaskan bahwa tarif akan diberlakukan di beberapa seksi. Pertama, Palembang-Pemulutan yang dikenakan tarif Rp6 ribu.


Kedua, di ruas Semayang-Helvetia yang menjadi bagian dari Tol Medan- Binjai. Tarif yang akan dikenakan di ruas tol tersebut Rp6 ribu. Ketiga, ruas Binjai-Semayang dengan tarif Rp4 ribu. "Bagi pemudik yang menggunakan tol dari Binjai hingga Helvetia atau sebaliknya, kena tarif Rp 10.500," katanya.

Bambang menjamin walaupun ada tol yang sifatnya masih fungsional selama lebaran nanti, tol tersebut semua siap dan layak. "Kami sudah siapkan fasilitas berupa tempat istirahat bagi para pemudik di berbagai titik yang berisi musholla, toilet, serta fasilitas isi ulang (top-up) uang elektronik," kata Bambang.

(agt)