Besok, Maskapai Siap Lepas Landas dari Bandara Kertajati

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 18:28 WIB
Besok, Maskapai Siap Lepas Landas dari Bandara Kertajati Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat sudah bisa melayani penerbangan mudik Lebaran 2018 mulai besok, Kamis (7/6). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal dengan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan resmi beroperasi melayani penerbangan mudik Lebaran 2018 mulai besok, Jumat (8/6).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sudah ada tiga maskapai nasional yang siap membuka penerbangan mudik perdana dari bandara yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei lalu.

Tiga maskapai itu, yakni PT Lion Mentari Airlines, PT Citilink Indonesia, dan PT Lion Wings. "Jadi sudah mulai tanggal 8 Juni besok," ucap Budi Karya di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/6).


Ketiga maskapai itu akan melayani rute penerbangan ke tiga kota, yakni Majalengka-Jakarta, Majalengka-Surabaya, dan Majalengka-Denpasar.


Kendati begitu, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, maskapai yang sudah melakukan penawaran reservasi tiket penerbangan barulah Citilink.

Reservasi tiket itu, masih terbatas untuk rute Majalengka-Surabaya dan sebaliknya dengan jumlah penerbangan satu kali dalam sehari mulai besok.

Adapun jam penerbangan, yaitu pukul 07.25-08.55 untuk rute Majalengka-Surabaya dan 05.25-06.55 untuk rute Surabaya-Majalengka.

Manager Humas Lion Air Group Rama Aditya mengatakan bahwa pihaknya belum akan melayani penerbangan mudik dari Bandara Kertajati mulai besok. Meski pengajuan rute penerbangan oleh maskapai telah diterima otoritas, maskapai masih perlu waktu untuk mematangkan kesiapan pesawat dan para awak kabin. 


"Kami belum layani untuk mudik ini, karena masih persiapan. Tapi kalau semuanya rampung, akan langsung kami lempar ke pasar, bahkan penawaran reservasi pada hari H penerbangan juga mungkin saja selama ada pasarnya," jelasnya kepada CNNIndonesia.com.

Saat ini, menurut dia,i ada dua rute penerbangan yang sudah disetujui untuk dapat dioperasikan Lion Air di Bandara Kertajati, yaitu Jakarta-Majalengka dari Bandara Halim Perdanakusuma dan Jakarta-Majalengka-Denpasar dari Bandara Soekarno Hatta.

Kendati demikian, ia belum bisa memberi waktu pasti kapan penerbangan perdana Lion Air akan dilakukan dari Bandara Kertajati. Begitu pula dengan jumlah kapasitas penumpang yang ditawarkan.

Sebelumnya, direncanakan ada lima penerbangan yang bisa dilayani pada waktu mudik Lebaran tahun ini di Bandara Kertajati. Selain tiga penerbangan itu, semula dijadwalkan ada penerbangan Majalengka-Medan dan Majalengka-Banjarmasin. (agi/bir)