Pertamina Jual Premium Kemasan 1 Liter Selama Mudik Lebaran

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 09:41 WIB
Pertamina Jual Premium Kemasan 1 Liter Selama Mudik Lebaran Pertamina akan menjual BBM jenis Pertamax, Dex, hingga Premium dalam kemasan selama periode mudik Lebaran 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) akan menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax, Dex, hingga Premium dalam kemasan selama periode mudik Lebaran 2018. 

"Sebenarnya, belajar pengalaman kemarin, produk yang dicari oleh konsumen di jalur mudik adalah Pertamax dan Dex, tetapi karena ada penugasan, kami sediakan (juga) Premium," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito saat menghadiri acara buka puasa bersama awak media di Hotel Pullman Jakarta, Kamis (7/6).


Meski demikian, jumlah BBM Premium yang disediakan terbatas. Sebagai gambaran, selama periode lebaran tahun ini, perseroan menyiapkan BBM jenis Pertamax dan Dex sebanyak 10 kiloliter (kl). Sementara, BBM kemasan Premium hanya disediakan sebanyak 2 kl.


Berbeda dengan Pertamax dan Dex yang dijual dalam kemasan 10 liter, Premium kemasan akan dijual dalam kemasan 1 liter. Harganya akan sama dengan Premium yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau Rp6.450 per liter di wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali).


Penyiapan Premium dalam kemasan sejalan dengan amanat dari pemerintah terkait penugasan penyediaan Premium di seluruh Indonesia. Hal itu telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Sebagai tindak lanjut atas beleid tersebut, Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas (Migas) telah menambah kuota penugasan Premium tahun ini dari 7,5 juta kl menjadi 11,8 juta kl. (agi/agt)