Trans Papua Barat Segera Diresmikan

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 11:45 WIB
Trans Papua Barat Segera Diresmikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacam menyebut pengoperasian jalan trans di Papua Barat akan diresmikan setelah Lebaran 2018. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan pengoperasian jalan trans di wilayah Provinsi Papua Barat segera diresmikan.

Saat ini, ia mengklaim Balai Satuan Kerja PJN Wilayah XVII Papua Barat sedang bekerja keras merampungkan pembangunan jalan antara kabupaten dan provinsi tersebut,

Rencananya, peresmian jalan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo setelah Lebaran 2018. Rencana itu disampaikannya saat Presiden berkunjung April lalu dan mendapatkan respons positif.


"Jadi, waktu itu saya sampaikan bahwa pemerintah Papua Barat setelah Lebaran nanti akan meresmikan pengoperasian jalan trans. Beliau langsung merespons sambil ajak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan motor dari Teluk Wondama tembus ke Nabire Papua," ujarnya, mengutip Antara, Senin (11/6).

Namun demikian, sejauh ini, Dominggus menyebut belum ada informasi dari Kementerian PUPR maupun pihak istana kepresidenan terkait rencana kunjungan tersebut.

Ia mengaku belum berkoordinasi lebih intensif terkait rencana kunjungan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.


"Kami menunggu saja, yang pasti daerah sedang mempersiapkan diri untuk meresmikan jalan Trans Papua Barat. Mudah-mudahan pada kesempatan itu Presiden bisa hadir," pungkasnya.

Sebelumnya, secara keseluruhan, Kementerian PUPR menyebutkan panjang jalan trans Papua mencapai 4.330 kilometer yang ada di Papua Barat dan Papua sudah tembus seluruhnya pada 2019 mendatang.


(Antara/bir)