Menko Darmin Sebut Harga Pangan Terkendali di Lebaran 2018

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Minggu, 17/06/2018 06:57 WIB
Menko Darmin Sebut Harga Pangan Terkendali di Lebaran 2018 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim masyarakat tak terganggu dengan kenaikan harga yang berlebihan. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia -- Keluhan sebagian masyarakat terkait harga sejumlah komoditas, terutama daging ayam potong, tak menjadi perhatian khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Soalnya, ia mengklaim masyarakat tak terganggu dengan kenaikan harga yang berlebihan pada Lebaran 2018.

Kalau pun harga telur ayam naik, namun ia meyakini harganya akan kembali stabil dalam waktu dekat.

"Kenaikan harga praktis tidak ada yang menonjol. Mungkin harga telur naik sedikit, tetapi harganya cepat naik dan cepat turun. Tak jauh berbeda dengan harga bawang dan cabai," ujarnya pada acara open house Lebaran, Sabtu (16/6).


Terkait harga daging sapi, ia melanjutkan rata-rata harga di pasaran masih relatif normal dan kalau pun terjadi kenaikan harga, kenaikannya masih dalam tahap wajar.
Dari sisi pelaksanaan mudik, cuti yang cukup panjang membuat masyarakat lebih santai sehingga kemacetan di beberapa titik pun terbilang wajar.


Lihatlah, angka kecelakaan lalu lintas juga menurun.

"Kemacetan tidak terlalu membuat orang menjadi lelah dan saya percaya angka kecelakaan turun. Kecelakaan kan awalnya dari kelelahan," terang dia.

Sebagai pejabat negara, rumah dinas Darmin dibanjiri oleh tamu pejabat sejak pukul 9 pagi tadi di antaranya Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

Sejumlah Duta Besar negara sahabat juga tak ketinggalan menyambangi kediaman Darmin mulai dari Duta Besar Perancis Jean Charles Berthonnet, Duta Besar China Xiao Xian, hingga Duta Besar Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva. (bir)