Citibank Didenda US$100 Juta Karena Manipulasi Suku Bunga

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 13:27 WIB
Citibank Didenda US$100 Juta Karena Manipulasi Suku Bunga Citibank didenda US$100 juta karena upaya memanipulasi suku bunga Libor, London Interbank Offered Rate (Libor). (REUTERS/Mike Segar).
Jakarta, CNN Indonesia -- Citibank, bank yang bermarkas di Amerika Serikat, didenda sebesar US$100 juta karena upayanya memanipulasi suku bunga.

Seperti dilaporkan CNN.com, Sabtu (16/6), hasil penyelidikan menyebut bahwa Citibank terbukti memanipulasi London Interbank Offered Rate (Libor). Libor adalah suku bunga referensi harian dalam transaksi pasar uang antarbank di pasar uang London.

Jaksa umum menuding bahwa Citibank memperoleh keuntungan hingga miliaran dolar AS dari tindakan curang tersebut.


"Kami tidak memberikan toleransi atas tindakan curang atau manipulatif yang merongrong pasar keuangan kami. Institusi keuangan punya tanggung jawab untuk main sesuai aturan dan kami akan terus meminta pertanggungjawaban bagi mereka yang tidak bertanggungjawab," ujarnya.

Sebetulnya, kasus manipulasi suku bunga ini bukan pertama kalinya terjadi. Citibank bahkan tercatat sebagai bank ketiga yang terjerat denda karena memanipulasi Libor.

Sebelumnya, bank lain, yaitu Barclays dan Deutsche Bank juga dikenakan denda karena kasus serupa. Barclays didenda US$100 juta dan Deutsche Bank didenda US$220 juta.


Manajemen Citibank setuju untuk mematuhi penyelidikan yang saat ini masih berlangsung terhadap kasus-kasus manipulasi Libor lainnya.


(bir)