Menhub Puji Ketepatan Waktu Angkutan Udara Pada Musim Mudik

Bintoro Agung & JNP, CNN Indonesia | Selasa, 19/06/2018 21:02 WIB
Menhub Puji Ketepatan Waktu Angkutan Udara Pada Musim Mudik Pada musim mudik tahun ini jumlah penumpang penerbangan mencapai 3,45 juta atau naik 4,34 persen. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut on time performance (OTP) maskapai pada musim mudik tahun ini mencapai 77 persen. Budi mengklaim tak ada keluhan soal keterlambatan pesawat dalam arus mudik dan balik tahun ini.

"Untuk on time performance di atas 77 persen ini suatu prestasi yang baik dan praktis tidak ada keluhan tentang keterlambatan," kata Budi kala berkunjung ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (19/6).

Atas capaian tersebut, Budi memuji koordinasi antara lembaga terkait mulai dari Airnav, Angkasa Pura II, dan maskapai yang cukup rapi.


Budi juga menyadari dari 3.500 slot penerbangan tambahan yang tersedia, hanya sekitar 400 slot yang terpakai selama musim mudik lebaran 2018. Namun baginya temuan ini bukan masalah selama skor OTP bagus.

"Meskipun yang dipakai sepertujuh, tidak masalah." katanya.


Selain itu, Budi menambahkan, tingkat okupansi pesawat pada musim mudik tahun ini tercatat meningkat 0,4 persen.

Data dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kemenhub menunjukkan keberangkatan penumpang dalam penerbangan domestik tahun ini memang meningkat dari tahun lalu.

Pada 2017, jumlah penumpang yang terbang mencapai 3,3 juta. Sementara pada musim mudik tahun ini jumlah penumpang mencapai 3,45 juta atau naik 4,34 persen. Jumlah keberangkatan pesawat pun ikut tumbuh sekitar 5,26 persen menjadi 27.020 penerbangan dari 25.670 penerbangan tahun lalu.

Puncak arus balik untuk angkutan udara diperkirakan sudah terjadi pada Senin (18/6) kemarin. Jumlah keberangkatan pada H+2 itu tercatat mencapai 302.725 orang. Sementara puncak arus mudik tercatat jatuh pada H-6 dengan jumlah penumpang yang berangkat mencapai 307.242 orang.




(kid)