Iriawan Kebut Pembebasan Lahan Tol Bocimi

Agus Triyono, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 12:34 WIB
Iriawan Kebut Pembebasan Lahan Tol Bocimi Ilustrasi Tol Bocimi. (Foto: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komjen M. Iriawan langsung tancap gas dalam melaksanakan tugas barunya sebagai pejabat gubernur Jawa Barat.
 
Sepekan setelah dilantik, dia langsung menyatakan akan mempercepat pembebasan lahan proyek Tol Bogor- Ciawi- Sukabumi (Bocimi) seksi I dan II.
 
Dalam pernyataan yang dikeluarkan Jumat (22/6), Iriawan mengatakan dengan percepatan tersebut diharapkan Tol Bocimi Seksi I yang membentang dari Ciawi-Cigombong bisa diselesaikan Agustus mendatang.
 
"Waktu empat bulan cukup singkat, makanya saya punya skala prioritas tersebut," katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (22/6).

 
Iriawan mengatakan agar percepatan pembebasan lahan bisa segera dilakukan, dirinya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan tinjauan lapangan. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) terutama pada BPN Bogor.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan percepatan pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi I dan II dilakukan karena target penyelesaian pembangunan tol tersebut makin dekat.
 
Walau makin dekat pembebasan lahan belum sepenuhnya beres. Pembebasan masih terkendala oleh tumpang tindih lahan, pemilik lahan yang mengeluh soal luasan lahan yang tidak sesuai dan masyarakat yang mengembalikan uang ganti rugi.

"Tinggal 0,50 persen yang belum bebas. Untuk lahan yang belum bebas masih ada sekitar 26 bidang atau sekitar 8,716 meter persegi. Ini ada di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor," katanya.

 



(Antara/agt)