Bandara Trunojoyo Sumenep Dibangun Dua Tahap

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 16:05 WIB
Bandara Trunojoyo Sumenep Dibangun Dua Tahap Bandara Trunojaya Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipastikan dibangun dua tahap. Tahap pertama akan dikerjakan tahun ini dengan nilai proyek Rp25 miliar. (Dok. Kementerian Perhubungan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, memastikan bahwa terminal penumpang akan dibangun dilakukan dua tahap. Tahap pertama, struktur atau kerangka bangunan inti, dan tahap kedua berupa penyediaan fasilitas.

"Alhamdulilah, pengerjaan tahap pertama akan dilakukan pada tahun ini. Sudah ada rekaman atau pelaksananya," ujar Indra Triyantono, Kepala unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, mengutip Antara, Senin (2/7).

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah instansi kepanjangan tangan Kementerian Perhubungan yang berada di Sumenep.

Tahun ini, Kemenhub mengalokasikan dana sekitar Rp29 miliar untuk pembangunan terminal penumpang tahap pertama di Bandara Trunojoyo Sumenep.


Setelah melalui proses lelang terbuka, pelaksana pembangunan terminal penumpang tahap pertama tersebut adalah rekanan dengan tawaran sekitar Rp25 miliar.

"Artinya, dana yang akan digunakan untuk membangun terminal penumpang tahap pertama di Bandara Trunojoyo sekitar Rp25 miliar dari pagu Rp29 miliar," kata Indra.

Pengerjaan pembangunan struktur terminal penumpang oleh rekanan pelaksana akan dimulai pada Juli ini dan ditargetkan selesai pada Desember mendatang.

Indra menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan rekanan pelaksana agar pengerjaan pembangunan struktur terminal penumpang tersebut sesuai jadwal.


Sementara, dana untuk pembangunan terminal penumpang tahap kedua yang berupa penyediaan fasilitas atau sarana penunjang lainnya akan disediakan oleh Kemenhub pada 2019 mendatang.

Selama ini, Otoritas Bandara Trunojoyo Sumenep memanfaatkan salah satu bangunan yang merupakan bagian dari kantor sebagai terminal penumpang.

Sesuai rencana induk pembangunan Bandara Trunojoyo, bangunan baru terminal penumpang tersebut berada di sebelah utara atau di sisi utara pelataran parkir pesawat.

Nantinya, terminal penumpang Bandara Trunojoyo itu berupa bangunan dua lantai dengan luas bangunan sekitar 3.500 meter persegi.


Lahan untuk pembangunan terminal penumpang tersebut merupakan tanah yang telah disediakan oleh pemerintah daerah setempat sejak beberapa waktu lalu.


(bir)