Pengusaha Bidik Rp4 Triliun dari Hajatan Jakarta Great Sale

Dinda Audriene Mutmainah, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 13:30 WIB
Pengusaha Bidik Rp4 Triliun dari Hajatan Jakarta Great Sale Festival Jakarta Great Sale tahun ini dibidik menghasilkan transaksi sekitar Rp3 triliun - Rp4 triliun. Terpaut jauh dibanding realisasi tahun lalu, yaitu Rp16 triliun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Jakarta Great Sale tahun ini dibidik menghasilkan transaksi sekitar Rp3 triliun - Rp4 triliun. Target itu terpaut jauh dibandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yang mencapai Rp16 triliun.

Namun, Ketua Pelaksana FJGS 2018 Ellen Hidayat menyebut gelaran tahun ini tidak bisa disamakan dengan tahun sebelumnya. Karena tahun lalu digelar saat perayaan Lebaran.

"Karena ini festival khusus, digelarnya pada Agustus. Kalau tahun lalu kan saat Lebaran. Memang, biasanya saat Lebaran. Tapi, tahun ini khusus," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/7).



Keputusan pergeseran waktu pelaksanaan terjadi atas dasar permintaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Demi mengejar momentum Asian Games 2018.

Dengan demikian, target konsumen tak hanya dari masyarakat di pusat kota, tetapi juga peserta Asian Games yang datang dari berbagai penjuru negara di Asia.

"Ini juga untuk memberikan kesempatan kepada peserta Asian Games, ada diskon dan lain-lain," imbuh Ellen.

Selain itu, FJGS juga akan mengerek penjualan industri ritel yang trennya lebih lambat pada Agustus. Mengingat, musim libur anak sekolah dan Lebaran telah usai.


"Mudik kan semangat sekali. Apalagi, libur panjang tahun ini, banyak beli oleh-oleh. Lalu liburan anak sekolah. Tunjangan Hari Raya (THR) sudah pada habis, makanya Agustus biasanya landai penjualan," terang Ellen.

Lebih lanjut ia menjelaskan target konservatif tim FJGS tak hanya karena perbedaan waktu pelaksanaan, tetapi juga karena pelaksanaan waktu yang lebih singkat, yakni hanya tiga pekan. Sementara, FJGS 2017 digelar selama enam minggu.

"Tahun ini diputuskan akan digelar pada 12 Agustus-4 September 2018," jelasnya.

Sejauh ini, Ellen mencatat ada 82 pusat perbelanjaan yang akan ikut andil dalam FJGS 2018 dengan menyelenggarakan pesta diskon. Namun, hanya 13 mal yang akan memberikan diskon sampai tengah malam atau menggelar midnight sale.


"Kalau midnight sale pasti ada tambahan diskon dan hadiah bermacam-macam," tutur dia.

Midnight sale akan dimulai pada 20.00-24.00 WIB. Secara umum diskon yang diberikan pada jam normal mencapai 70 persen, tetapi persentase diskon akan bertambah sekitar 10-20 persen pada jam midnight sale.

Beberapa mal yang berkomitmen menyelenggarakan midnight sale, antara lain PIK Avenue, Transmart Cilandak, Baywalk, Lippo Plaza Kramat Jati, AEON Garden City, dan Grand Indonesia.

Selain itu, midnight sale juga akan berlangsung di Kalibata City Square, One Bell Park, Mal Taman Palem, Mal Artha Gading, Arion Mall, Mall Bassura, dan Lotte Shopping Avenue. (bir)