JEDA

Dirjen Kemenperin Putu Suryawirawan Gemar Berkemudi di Hutan

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Sabtu, 14/07/2018 12:39 WIB
Dirjen Kemenperin Putu Suryawirawan Gemar Berkemudi di Hutan Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengaku gemar mengemui di hutan belantara. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia -- I Gusti Putu Suryawirawan yang sehari-hari menduduki kursi Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional di Kementerian Perindustrian mengaku gemar berkemudi.

Namun, bukan mengemudi mobil di jalanan Ibu Kota DKI Jakarta untuk pergi dan pulang kerja sehari-hari yang digemarinya, melainkan berkemudi di hutan atau alam terbuka.

"Driving (mengemudi) itu hobi saya, tapi ke daerah-daerah petualangan, yang menantang, misalnya area yang tanahnya penuh liku hingga hutan," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Putu bilang kegemarannya ini sudah dilakoni sejak masih duduk di bangku kuliah. Biasanya ia pergi bersama teman-teman akrabnya. "Biasanya di sekitaran Jawa, seringnya Jawa Barat," katanya.

Maklum saja, ia memang cukup akrab dengan Jawa Barat. Meski demikian, ia lahir di Surabaya, Jawa Timur, namun pernah mengemban ilmu di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kendati begitu, ia mengaku tak punya banyak koleksi mobil untuk berkemudi di hutan. Hal ini karena kegemarannya itu sudah mulai sulit ia lakukan. Kesibukan sebagai eselon I di Kementerian Perindustrian disebut cukup menyita waktu luangnya.


"Sekarang hobinya jadi bersepeda di kompleks rumah, yang penting olahraga saja biar badan tetap bugar," pungkasnya.


(bir)