RI Raih Investasi US$40,9 Juta dari Kontrak Bagi Hasil Migas

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 20:41 WIB
Pemerintah mendapatkan komitmen investasi senilai US$40,9 juta dari penandatanganan tiga kontrak kerja sama (KKS) bagi hasil gross split wilayah kerja migas. Ilustrasi kilang minyak (Dok. AKR Corporindo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mendapatkan komitmen investasi senilai US$40,9 juta untuk tiga tahun dari penandatanganan tiga kontrak kerja sama (KKS) bagi hasil gross split wilayah kerja minyak dan gas (WK Migas).

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengungkapkan tiga KKS tersebut merupakan hasil lelang Penawaran Langsung pada Februari-April 2018.

"Melalui penandatangan kontrak dengan tiga KKS hari ini, maka lengkap sudah seluruh empat kontrak kerja sama hasil lelang WK Migas 2018 telah ditandatangani dengan skema gross split. Pertama itu, penandatanganan untuk WK Citarum," ujar Djoko dalam acara penandatangan kontrak bagi hasil di kantor Kementerian ESDM, Selasa (17/7).



Sebelum penandatangan kontrak, ketiga kontraktor telah menyelesaikan kewajiban finansial berupa pembayaran bonus tanda tangan dan Jaminan Pelaksanaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Besaran bonus tanda tangan dari tiga kontrak bagi hasil tersebut mencapai US$2,5 juta.

Jika dirinci, komitmen investasi terbesar berasal dari penandatanganan kontrak bagi hasil WK East Ganal di Selat Makassar dengan Kontraktor Eni East Ganal Limited sebesar US$35,35 juta untuk tiga tahun pertama dan bonus tanda tangan senilai US$1,5 juta.


Investasi tersebut dialokasikan untuk eksplorasi Geofisika dan Geologi (G&G) dan satu sumur eksplorasi.

Berikutnya, penandatangan kontrak bagi hasil WK South East Jambi memberikan komitmen investasi pasti sebesar US$4,65 juta untuk eksplorasi G&G dan akuisisi data seismik 2D 300 km. Penandatanganan dilakukan pemerintah dengan konsorsium Repsol Exploracion South East Jambi BV dan Moeco South East Jambi BV. Besaran bonus tanda tangan sebesar US$500 ribu.

(lav/agi)