Keuntungan Tukar Kartu ATM/Debit Logo GPN

Agustiyanti, CNN Indonesia | Rabu, 01/08/2018 12:06 WIB
Keuntungan Tukar Kartu ATM/Debit Logo GPN Kartu ATM/debit berlogo GPN.(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) dan perbankan tengah gencar mengkampanyekan penggunaan kartu debit dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Pekan ini, BI dan perbankan bahkan menggelar pekan penukaran kartu sejak 29 Juli lalu hingga 3 Agustus mendatang.

Namun, sebenarnya apa keuntungan memiliki kartu logo GPN?



BI menyebut, sedikitnya ada lima manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN. Pertama, kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi. Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank.

Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.


Kelima, biaya administasi lebih murah karena seluruh permrosesan dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien. Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, nasabah dapat menghemat biaya administrasi sekitar Rp1.000 per bulan dengan menggunakan kartu tersebut.

Biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC antarbank juga turun dari sebelumnya 2-3 persen menjadi 1 persen.

Selain itu, seluruh kartu berlogo GPN juga telah menggunakan teknologi chip yang lebih aman dari kejahatan perbankan, seperti skimming.

[Gambas:Video CNN] (agi/agi)