China Kenakan Tarif 25 Persen Produk AS Bernilai US$16 Miliar

Agus Triyono, CNN Indonesia | Kamis, 09/08/2018 14:15 WIB
China Kenakan Tarif 25 Persen Produk AS Bernilai US$16 Miliar Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China Rabu (8/8) kemarin mengumumkan bahwa mereka akan mengenakan tarif bea masuk 25 persen atas US$16 miliar produk perdagangan Amerika Serikat (AS)

Seperti dikutip dari CNN.com tarif akan resmi diberlakukan 23 Agustus mendatang. Produk yang akan terkena tarif tersebut adalah barang kimia dan bahan bakar diesel.

Perang dagang antara dua raksasa ekonomi dunia, AS-China berkecamuk dalam beberapa bulan belakangan ini. Mereka saling berbalas serangan dan pukulan.




Serangan terakhir diumumkan Selasa lalu. Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengumumkan daftar barang impor senilai US$16 miliar asal China yang dikenakan tarif bea masuk 25 persen.

Tarif akan menyasar 279 produk, seperti; sepeda motor dan antena. Tarif juga akan berlaku 23 Agustus. Serangan dilakukan karena Trump menuduh China telah melakukan kecurangan dagang terhadap AS.

Gayung bersambut, serangan tersebut kembali dibalas China.



Negeri Tirai Bambu tersebut membalas serangan dagang AS dengan memberlakukan tarif sama terhadap impor barang AS ke China. 

Perang dagang tersebut telah berimbas pada neraca dagang China.

Per Juli kemarin, surplus neraca dagang mereka hanya mencapai US$28,09 miliar atau menurun jika dibandingkan Juni yang masih mencapai US$28,93 miliar. 

(CNN/lav)