Bappenas Ingin MRT Diteruskan ke Tangerang Selatan

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Kamis, 30/08/2018 10:46 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro ingin pembangunan MRT diteruskan ke Tangerang Selatan. Ilustrasi Proyek MRT. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro ingin pembangunan Proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang saat ini baru terbangun sampai di Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia bisa diteruskan hingga ke Tangerang Selatan.

Ia berharap, Pemerintah Kota Tangerang Selatan bisa meneruskan proyek tersebut. Bambang mengatakan Tangerang Selatang memerlukan MRT.

Menurutnya, potensi permintaan moda transportasi masal berupa MRT dari Tangerang Selatan dalam beberapa tahun ke depan diperkirakan melonjak seiring perkembangan ekonomi daerah tersebut.


Bambang mengakui investasi yang diperlukan untuk pembangunan MRT lumayan besar. Namun ia menjamin bahwa bisnis properti dan sektor usaha lain di wilayah tersebut akan semakin menggeliat bila kawasan tersebut dilewati jalur MRT.


"Maka itu saya harap Pemerintah Tangerang Selatan berani melanjutkan, potensi permintaannya dari Ciputat sampai Serpong besar dan itu menguntungkan semua pihak," katanya di Jakarta, Rabu (29/8).

Bambang mengatakan Bappenas juga sudah mengusulkan perpanjangan rute MRT ke Tangerang Selatan kepada Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ).

"Kami hanya membuat gambaran mengenai pengelolaan transportasi secara makro, masalah detailnya nanti seharusnya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah setempat," imbuh dia.

Selain MRT, Bambang juga berharap fasilitas transportasi lain, seperti TransJakarta juga bisa menembus Tangerang Selatan dan tidak terbatas hingga Ciledug semata.

"Ini memang harus diteruskan juga, jadi mungkin contohnya (perpanjangan rute) ini MRT dan TransJakarta," pungkas dia.


(agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK