Kemenperin Realokasi Anggaran Rp56,9 M untuk SDM Industri

agt, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 16:52 WIB
Kemenperin Realokasi Anggaran Rp56,9 M untuk SDM Industri Ilustrasi SDM industri. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perindustrian memutuskan untuk merealokasi anggaran Rp56,9 miliar untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang industri. Realokasi anggaran tersebut telah disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada DPR.

Airlangga mengatakan bahwa realokasi anggaran tersebut dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan program yang terdapat pada Peta Jalan Making Indonesia 4.0. "Pemerintah memang saat ini tengah fokus mengembangkan peningkatan kualitas SDM industri agar mampu menghadapi  perkembangan revolusi industri keempat," katanya seperti dikutip dari website Kementerian Perindustrian, Rabu (5/9).

Sebagai gambaran, pada 2018 ini, pagu anggaran Kementerian Perindustrian mencapai Rp2,84 triliun. Porsi pembiayaan terbesar dari anggaran tersebut digunakan untuk pengembangan SDM industri dan dukungan manajemen kementerian dengan total nilai Rp1,08 triliun.



Di samping itu, anggaran juga digunakan untuk program pengembangan industri berbasis agro, kimia, tekstil dan aneka, serta industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika. Selain itu, anggaran juga digelontorkan untuk pengembangan industri kecil dan menengah.

Di samping mengusulkan realokasi anggaran, Airlangga juga mengusulkan anggaran sebesar Rp3,59 triliun untuk 2019 nanti. Usulan tersebut naik 26,37 persen jika dibandingkan 2018.

"Tahun depan, anggaran terbesar juga digunakan untuk program pengembangan SDM dan dukungan manajemen kementerian," katanya.

Airlangga mengatakan untuk program tersebut pihaknya akan menggelontorkan anggaran Rp2,01 triliun. 

(agt)