Survey Nielsen: Masyarakat Mulai Kurangi Belanja

Agustiyanti, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 06:37 WIB
Survey Nielsen: Masyarakat Mulai Kurangi Belanja Ilustrasi belanja masyarakat. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Survei Nielsen menunjukkan sejumlah cara yang dilakukan masyarakat guna menghemat belanja masyarakat. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah memangkas anggaran untuk mencari hiburan di luar rumah.

Berdasarkan survei kepercayaan konsumen yang dirilis Kamis (9/6), sekitar 47 persen konsumen pada kuartal dua mengaku menghemat pengeluaran rumah tangga dengan mengurangi kegiatan mencari hiburan di luar rumah. Jumlahnya meningkat dibanding kuartal satu sebesar 37 persen.


Konsumen yang memilih menghemat belanja dengan mengurangi belanja baju baru juga meningkat dari 42 persen menjadi 43 persen. Demikian pula dengan konsumen yang memilih mengurangi membeli makanan di luar rumah naik dari 26 persen menjadi 28 persen.


Selain itu, masyarakat juga menghemat belanja dengan mengurangi penggunaan gas dan listrik, memangkas liburan, dan menunda mengganti perangkat teknologinya dengan yang baru.


Survei Nielsen tersebut merupakan bagian dari survei konsumen global yang dilakukan pada 32 ribu konsumen online yang tersebar di 64 negara, mencakup Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika Utara. (agi/bir)