Indonesia-Vietnam Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Digital

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 04:05 WIB
Indonesia-Vietnam Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Digital Presiden Jokowi menyalami Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela-sela Pertemuan Forum Ekonomi Dunia (WEF on ASEAN). (Ye Aung Thu/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (12/9) bertemu Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di National Convention Center, Hanoi, Vietnam. Dalam pertemuan tersebut Jokowi dan Nguyen membahas banyak topik.

Salah satunya menyangkut kemitraan kedua negara. Jokowi bersama PM Vietnam berharap di masa mendatang kedua negara dapat bermitra strategis untuk menghadapi situasi ekonomi global dan tantangan revolusi industri 4.0.

Melalui keterangan resmi, keduanya membicarakan kemungkinan bagi mereka meningkatkan kerja sama dan berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi kreatif dan digital di kawasan. Kolaborasi tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam forum ASEAN Leaders' Gathering (ALG) di Bali bulan depan.



Jokowi menyatakan pertemuan ALG sangat penting di tengah situasi ekonomi global yang makin tidak menentu karena menjadi momentum bagi ASEAN berbicara lebih banyak kepada dunia. 

"Kesempatan bagi ASEAN menunjukkan kepada dunia ketahanan ekonomi ASEAN serta komitmen kuat ASEAN terhadap pembangunan dan pengentasan kemiskinan," kata Jokowi, seperti dikutip dari pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (12/9).

Nguyen kata Jokowi telah memberikan konfirmasi kedatangannya pada forum tersebut. Oleh sebab itu, ia berterima kasih atas konfirmasi kehadiran tersebut.


(agt)