Para Pencari Kerja 'Terjang' Job for Career Festival

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 18:37 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Para pencari kerja memadati gelaran Jakarta Spectacular: Job for Career Festival. Bursa kerja ini diikuti oleh 120 BUMN dan perusahaan swasta.

Para pencari kerja memadati acara bursa kerja bertajuk Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/). Ajang bursa kerja ini diikuti oleh 120 perusahaan BUMN dan perusahaan swasta berskala nasional dan multinasional.
Sebanyak 120 perusahaan BUMN dan perusahaan swasta berskala nasional dan multinasional menggelar lowongan bagi para pencari kerja di acara Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).
Seorang pencari kerja tampak kelelah di barisan antrian pengunjung yang memadati acara bursa kerja bertajuk Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).
Bursa kerja bertajuk Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival digelar selama dua hari, 18-19 September 2018 di Istora Senayan, Jakarta. Bursa kerja ini dibuka untuk umum dengan kualifikasi pencari kerja mulai sekolah menengah/kejuruan hingga sarjana dan master berbagai bidang pendidikan.
Badan Pusat Statistik (BPS) melansir jumlah penduduk bekerja sebanyak 127,07 juta orang per Maret 2018. Dari jumlah itu, sejumlah sektor mendominasi tenaga kerja, yakni pertanian, kehutanan perikanan, perdagangan, dan industri pengolahan.
Kementerian Ketenagakerjaan mengklaim telah memfasilitasi penempatan kerja lebih dari 8 juta orang pada periode 2015-2017. Kemenaker menyebut akan terus berupaya merealisasikan cita-cita Presiden Jokowi yang menginginkan ketersediaan 10 juta lapangan kerja dalam lima tahun kepemimpinannya.
Seorang pencari kerja tampak menyusun syarat administrasi dalam antrian bergerak di acara bursa kerja bertajuk Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9). 
Para pencari kerja tampak melengkapi formulir sebagai salah satu syarat administrasi untuk melamar pekerjaan di acara bursa kerja bertajuk Jakarta Spectacular 'Job for Career' Festival di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).
Data Pusat Informasi Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan menyebut lapangan kerja yang tercipta pada 2015 sebanyak 2,88 juta orang. Angka ini bertambah 2,44 juta orang pada 2016 dan 2,66 juta pada 2017.
Kementerian Ketenagakerjaan juga mengklaim telah berhasil menekan tingkat pengangguran. Yaitu, dari 7,01 juta orang (6,33 persen) pada Februari 2017 menjadi 6,87 juta orang (5,13 persen) pada Februari 2018.