Tarif Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu Tak Berlaku Besok

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 14:43 WIB
Tarif Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu Tak Berlaku Besok Ilustrasi penyatuan tarif tol. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga Tbk menegaskan belum mengantongi tanggal pasti implementasi penyatuan tarif tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) menjadi jauh dekat Rp15 ribu. Kendati demikian, Jasa Marga menyebut, penyatuan tarif tersebut bakal berlaku paling lambat akhir bulan ini.

"Berdasarkan pembahasan yang belakangan ini intens dilakukan antara Kementerian PUPR bersama Jasa Marga dan BUJT JOR lainnya, kami informasikan bahwa pemberlakuan integrasi JORR paling lambat akhir September," ujar AVP Corporate Communication Dwimawan Heru dalam keterangan resmi, Jumat (21/9).

Dwimawan pun sekaligus membantah tanggal pemberlakuan resmi penyatuan tarif tol yakni pada 22 September 2018, dalam bentuk infografis yang belakangan marak beredar. Adapun kepastian implementasi tarif tol jauh dekat Rp15 ribu tersebut akan ditetapkan Menteri PUPR.



"Jika telah memperoleh tanggal kepastian tersebut, akan kami informasikan kepada masyarakat," jelas dia.

Dihubungi terpisah, Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Eka Pias Anas mengaku integrasi tarif tol memang seharusnya diterapkan dalam waktu dekat. Namun, menurut dia, kemungkinan besar penyatuan tarif belum akan berlaku besok karena masih perlu dilakukan koordinasi antara pemerintah dengan Jasa Marga dan BUJT lainnya. 

Pemerintah sebelumnya sudah dua kali membatalkan penerapan integrasi ruas tol JORR pada 13 Juni 2018 dan 20 Juni 2018 lalu. Pembatalan impelementaasi tarif tol JORR jauh dekat Rp15 ribu tersebut dilakukan lantaran banyak pihak yang kontra terhadap kebijakan tersebut.

Rencananya, penyatuan tarif tol akan berlaku untuk Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), dan Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir).

Kebijakan tersebut juga akan berlaku ke Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Rencananya tarif tol JORR jauh dekat akan ditetapkan Rp15 ribu untuk golongan I, Rp22.500 untuk golongan II dan III, serta Rp30 ribu untuk golongan IV dan V. (agi/agi)