Dua Stasiun Baru LRT Palembang Bakal Beroperasi

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 16:11 WIB
Dua Stasiun Baru LRT Palembang Bakal Beroperasi Light Rail Transit (LRT). (Palembang CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai Asian Games yang berlangsung pada Agustus lalu, dua stasiun light rail transit (LRT) di Palembang siap beroperasi pada pekan depan. Dua stasiun itu adalah Punti Kayu dan RSUD Palembang. Keduanya merupakan stasiun ke-9 dan ke-10 yang bakal dioperasikan dari target 13 stasiun yang ditargetkan.

"Setelah stasiun Dishub (Dinas Perhubungan), dua stasiun LRT lain menyusul dalam melayani penumpang. Untuk stasiun Punti Kayu akan beroperasi pada Senin (24/9), sementara stasiun RSUD pada Selasa (25/9)," ucap Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, dilansir Antara, Minggu (23/9).


Stasiun Punti Kayu dan RSUD Palembang bisa beroperasi dikatakan karena persiapan prasarana stasiun, persinyalan, dan akses stasiun sudah selesai.


Kedua stasiun itu akan menemani delapan stasiun lainnya yang sudah beroperasi. Berikut jalur LRT sekaligus lokasi naik turun penumpang, Djka - Jakabaring - Ampera - Cinde - Dishub - Bumi Sriwijaya - Punti Kayu - RSUD Palembang - Asrama Haji - Bandara.


"Pengoperasian dua stasiun ini berada di tempat layanan kesehatan dan tempat wisata alam sehingga akan memudahkan masyarakat untuk menuju hal tersebut," ujar Aida.

Palembang merupakan kota pertama di Indonesia yang mengoperasikan LRT, sebab pembangunan di Jakarta masih dikerjakan. LRT Palembang adalah sarana transportasi yang dibangun pemerintah untuk mendukung Palembang sebagai salah satu kota tuan rumah Asian Games XVIII.

(fea)