Menperin Ungkap Kondisi agar Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7 Persen

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 23:17 WIB
Menperin Ungkap Kondisi agar Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7 Persen Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga 7 persen dengan pemanfaatan teknologi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis ekonomi nasional bisa tumbuh hingga tujuh persen. Namun, sambung Airlangga, untuk mencapai target itu ia memberikan catatan yakni mengharuskan sumber daya manusia (SDM) yang melek teknologi.

"Kalau seluruh tenaga kerja di sektor industri sudah melek teknologi, ekonomi Indonesia berpotensi meningkat 1-2 persen, sehingga target pertumbuhan bisa mencapai 7 persen pada 2030," paparnya, mengutip Antara, Minggu (23/3).


Disebut melek teknologi, jika implementasi industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah bisa diwujudkan. Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, sambung Airlangga, Indonesia akan masuk dalam 10 jajaran negara dengan ekonomi terbesar pada 2030 mendatang.

Ditambah lagi, partisipasi dan produktivitas tenaga kerja industrinya mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun demikian, Airlangga mengingatkan diperlukan penguasaan teknologi digital guna menghasilkan inovasi, sehingga bisa berdaya saing tinggi.

"Saat ini, di Indonesia, partisipasi tenaga kerja berada di tingkat 70 persen. Kemudian, tingkat pengangguran berada di level terendah sepanjang masa, yaitu sekitar 5,13 persen," imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, angka kemiskinan berada pada 9,8 persen, terendah dalam dua dekade terakhir.




(bir)