Menteri Jonan Minta Bawahannya Tak Sibuk Urus Diri Sendiri

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 29/09/2018 07:23 WIB
Menteri Jonan Minta Bawahannya Tak Sibuk Urus Diri Sendiri Menteri ESDM Ignatius Jonan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta para pegawainya tak sibuk memikirkan urusan pribadi dan lebih banyak mengabdikan diri untuk menjalankan tugas dari negara.

"Saya minta kepada semua aparatur negara yg bekerja di sektor ini untuk mulai mencoba tidak terlalu banyak mengurusi diri sendiri," ujar Jonan di Perayaan Hari Pertambangan dan Energi ke-73 di kantornya, Jumat (28/9).

Ia mencontohkan, ada pegawai yang sejak umur 25 tahun sudah fokus untuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi hingga memperoleh gelar master atau doktor. Akibatnya, waktu untuk bekerja dan menjalankan tugasnya sebagai aparatur negara berkurang.



"Terus sampai umur 40-50, setelah jadi direktur, sudah capek. Terus mikirin mantu. Nah itu, enggak pernah ngurusin rakyat," ujarnya.

Padahal, sebelum diangkat, setiap aparatur negara telah diambil sumpahnya untuk melayani masyarakat.

"Dulu, sumpahnya kan bukan untuk mengurusi diri sendiri," kata Jonan mengingatkan.


Selain Jonan, Peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-73 juga dihadiri oleh seluruh pejabat tinggi Kementerian ESDM antara lain Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono, serta Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana.

Selain itu, sejumlah petinggi perusahaan di sektor tambang dan energi juga tampak hadir di antaranya Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. (sfr/agi)