Masyarakat Palu Mulai Bisa Akses SPBU dan Bank Hari Ini

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 09:55 WIB
Masyarakat Palu Mulai Bisa Akses SPBU dan Bank Hari Ini Warga mengantre BBM di SPBU, Palu, Sulawesi Tengah pada Minggu (1/10). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Palu, CNN Indonesia -- Kegiatan perekonomian wilayah Palu, Sulawesi Tengah ditargetkan mulai kembali hidup hari ini, pascagempa dan tsunami yang melanda wilayah tersebut pada Jumat (28/9). Sejumlah stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pasar, hingga layanan perbankan ditargetkan sudah dapat diakses masyarakat.

"Kami upayakan SPBU bisa buka melayani masyarakat. Kami upayakan juga pasar dibuka sehingga masyarakat bisa membeli kebutuhan di pasar," ujar Kapendam XII/Merdeka Kolonel Inf Muhammad Thohir di Palu, Senin (1/10).

Thohir menjelaskan akan ada dua SPBU yang dibuka pada hari ini. Namun, ia enggan menjelaskan lokasi kedua SPBU tersebut.



"Enggak perlu disebutkan. Saat ini kami siap normalisasi BBM ke lokasi," terangnya.

Adapun pengoperasian kembali pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih disiapkan. Namun, ia menyebut layanan perbankan sudah mulai bisa diakses masyarakat Palu melalui kantor cabang dan sejumlah mesin ATM yang sudah mulai kembali beroperasi.

"BNI ada dua unit, Mandiri tiga unit, BRI satu unit. Lokasinya di kantor cabang," jelas dia.


Perbankan, menurut Thohir juga akan menyiapkan ATM mobile yang akan ditempatkan di instansi TNI dan Kepolisian.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebut satu kantor cabang perseroan bakal mulai beroperasi pada hari ini. Selain itu, ada lima ATM milik perseroan yang juga sudah bisa diakses oleh masyarakat hari ini.

"Sudah ada satu cabang dan lima ATM yang beroperasi di Palu," ucapnya. (dis/agi)