FOTO : Pasang-Surut Bisnis Barang Antik Jalan Surabaya

Hesti Rika, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 11:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pedagang barang antik Jalan Surabaya di kawasan elit Menteng, Jakarta, menaruh harap jumlah turis yang datang terus meningkat dan mengerek penjualan.

Jalan Surabaya yang terletak di kawasan elit Menteng terkenal dengan pasar barang antiknya. Pasar ini telah ada sejak puluhan tahun lalu dan melewati pasang-surut penjualan koleksi lawasnya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Ada 200 toko yang buka setiap harinya di Pasar Antik Jalan Surabaya mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Toko-toko itu menjual arloji, kamera, gelas porselen kuno, guci, hingga lampu. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Uang logam kuno juga menjadi salah satu barang antik yg diburu oleh para pengunjung Pasar Antik Jalan Surabaya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Asep, salah satu penjual di Pasar Antik Jalan Surabaya, berjalan sembari membawa patung dagangannya untuk dibersihkan. Di tokonya, ia hanya menjual patung. Kebanyakan koleksinya terbuat dari kayu hingga porselen dengan kisaran harga mulai dari Rp2 juta hingga Rp50 juta. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Saeorang penjual dengan pengalaman otodidak memoles hingga memperbaiki barang antik bernilai seni atau sejarah agar dapat berfungsi kembali. Barang-barang tersebut nantinya akan ditawarkan kembali ke calon pembeli. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Para pedagang di Pasar Antik Jalan Surabaya mengaku puncak kejayaan penjualan barang antik pada 1970 silam. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Saat ini, penjualan barang antik mulai menurun seiring dengan menurunnya tingkat wisatawan asing. Diketahui, pemburu barang antik banyak datang dari turis-turis mancanegara. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Pada waktu-waktu tertentu, penjualan barang antik meningkat, seperti bulan lalu saat penyelengaraan Asian Games. Hal ini dikarenakan banjirnya turis yang datang dan berbelanja di Pasar Antik Jalan Surabaya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Para pedagang Pasar Antik Jalan Surabaya menaruh harap turis ramai datang pada gelaran Asian ParaGames. Sehingga, berdampak pada meningkatnya jumlah kunjungan dan penjualan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).


ARTIKEL TERKAIT