Pemerintah 'Manfaatkan' Jack Ma untuk Jualan ke China

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 15:54 WIB
Pemerintah 'Manfaatkan' Jack Ma untuk Jualan ke China Jack Ma. (AFP PHOTO / POOL / Jorge Silva).
Nusa Dua, CNN Indonesia -- Pemerintah akan memanfaatkan nama besar pendiri Alibaba Group Jack Ma untuk menggenjot ekspor Indonesia ke China. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan sebagai pemilik e-commerce besar, Jack Ma memiliki nilai jual tinggi.

Ia dianggap memiliki wadah besar untuk memperjualbelikan berbagai barang dengan banyak anggota di dalamnya. Ketika Jack Ma mengakui keunggulan produk Indonesia, itu akan memberikan dampak positif bagi pemasaran.

"Ini, bagaimana kami memanfaatkan itu. Ingat, di China ada 700 juta orang terhubung dengan jaringan internet," katanya di Bali, Senin (8/10).



Rudiantara mengatakan pemerintah akan berdiskusi dengan Jack Ma mengenai upaya peningkatan dagang tersebut. Diskusi rencananya dilakukan Sabtu (13/10) mendatang.

Untuk komoditas yang akan dijual ke China, nanti semuanya akan ditentukan Kementerian Perdagangan dan Badan ekonomi Kreatif (Bekraf). Rudiantara mengatakan selain membahas mengenai peningkatan dagang, dalam pertemuan dengan Jack Ma Sabtu nanti pemerintah juga akan berdiskusi tentang upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia di bidang digital. 

Peningkatan kualitas SDM merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mencapai target 20 ribu 'digital talent' pada 2019 mendatang.


 
(aud/agt)