RI Berpeluang Kantongi Rp200 T dari Forum Investasi di Bali

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 20:58 WIB
RI Berpeluang Kantongi Rp200 T dari Forum Investasi di Bali Ilustrasi proyek infrastruktur. (Anadolu Agency/Eko Siswono Toyudho).
Nusa Dua, CNN Indonesia -- Indonesia berpeluang mengantongi investasi senilai Rp200 triliun dari kesepakatan kerja sama di Indonesia Investment Forum (IIF) di Bali. IIF ialah satu dari rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengatakan dana investasi tersebut akan dialirkan untuk 21 proyek milik BUMN. Bank Mandiri akan menjadi koordinator aliran dana tersebut.

"Ini merupakan investasi langsung, dimana 95 persen di antaranya berasal dari luar negeri. Bank Mandiri akan membantu mengkoordinasikan forum investasi ini, nantinya ratusan investor akan mengeksplorasi potensi investasi di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (8/10).


Namun, Rohan belum bisa memberi rincian 21 proyek BUMN yang akan mendapat aliran investasi itu. Ia memastikan aliran investasi dari asing ini akan memberi kontribusi ke pertumbuhan indikator investasi dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Lebih lanjut, IIF akan dihadiri oleh beberapa pejabat dari dalam negeri, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Lalu, akan hadir pula Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, hingga perwakilan BUMN.


Selain menyepakati aliran investasi, IIF akan menjadi wadah diskusi para pemangku kebijakan untuk pengembangan pembiayaan ke proyek-proyek infrastruktur, akses pasar bagi pembiayaan berkelanjutan, hingga reformasi pembangunan berkelanjutan bagi Indonesia.


(uli/bir)