Realisasi Dana Desa Melambat di Akhir Tahun

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 17:50 WIB
Realisasi Dana Desa Melambat di Akhir Tahun Ilustrasi Dana Desa. (cnnindonesia/safirmakki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan mencatat realisasi Dana Desa hingga September 2018 baru Rp37,9 triliun. Jika dibanding periode yang sama 2017 lalu yang sudah mencapai Rp39,6 triliun, realisasi tersebut turun 4,3 persen.

Realisasi tersebut berbeda jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun sebelumnya realisasi penyaluran Dana Desa justru tumbuh 7,8 persen. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti mengungkapkan penurunan realisasi tersebut merupakan imbas dari perubahan mekanisme pencairan dana desa yang dimulai sejak tahun ini.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 225 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, penyaluran Dana Desa tahun ini akan terbagi dalam tiga tahap.
Untuk tahap I, pencairan sebanyak 20 persen dari pagu anggaran Dana Desa Rp60 triliun dilakukan sejak Januari hingga Juni silam. Tahap II, pencairan sebesar 40 persen dari pagu anggaran Dana Desa mulai Maret jika sudah ada realisasi penggunaan dana tahap I.


Setelahnya, pemerintah bisa mencairkan Dana Desa tahap III dengan nilai 40 persen dari pagu anggaran sejak Juli kemarin jika sudah ada laporan realisasi penggunaan Dana Desa tahap II. Hanya saja, penggelontoran tahap III baru bisa dilakukan jika 75 persen Dana Desa yang disalurkan di tahap II sudah terealisasi.

Astera mengatakan masih banyak desa yang belum merealisasikan Dana Desa tahap II hingga 75 persen. Dana Desa tersebut banyak mengendap di Rekening Keuangan Umum Daerah (RKUD) dan belum tersalurkan ke Rekening Keuangan Desa (RKD).

"Permasalahannya, penyaluran dari daerah ke desa ini sangat rendah. Ini terkait persyaratan, agar tahap III sudah bisa disalurkan kalau realisasi tahap II sudah 75 persen. Kami meminta ke daerah agar ini bisa segera disalurkan," ujar Astera, Rabu (17/10).
Menurut catatan yang dimilikinya, pencairan Dana Desa tahap III yang ditransfer dari Rekening Keuangan Umum Negara (RKUN) ke RKUD baru mencapai Rp2,06 triliun, atau 8,58 persen dari pencairan seharusnya yang sebesar Rp24 triliun. Jumlah uang itu disalurkan kepada 44 daerah yang memiliki 5.696 desa.

Meski penyaluran tahap III masih kecil, Kemenkeu masih tetap senang lantaran pencairan Dana Desa tahap I dan tahap II sudah hampir sempurna. Astera mengungkapkan, sampai saat ini pencairan Dana Desa dari RKUD ke RKD untuk tahap I dan tahap II realisasinya masing-masing sudah mencapai 99,82 persen dan 99,42 persen.

"Tapi memang, kecepatan penyalurannya masih tidak secepat tahun kemarin," imbuhnya.

Dana Desa merupakan dari pos anggaran Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa (TKDD) APBN 2018 yang mendapat pagu anggaran Rp706,2 triliun di tahun ini. Hingga September kemarin, realisasi TKDD sudah mencapai Rp535,8 triliun atau 75,9 persen dari pagu anggarannya.


(glh/agt)