FOTO : Ekonomi China Sentuh Titik Nadir 9 Tahun Terakhir

AFP, REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 19:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ekonomi China hanya tumbuh 6,5 persen secara tahunan pada kuartal III tahun ini atau lebih lambat dari kuartal sebelumnya, yaitu 6,7 persen.

Pertumbuhan ekonomi China pada kuartal III 2018 tercatat melambat di level terlemah sejak krisis keuangan global periode 2009 silam.(REUTERS/Thomas Peter).
Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistic/NBS) mencatat ekonomi China hanya tumbuh 6,5 persen pada kuartal III tahun ini atau melambat dari kuartal sebelumnya 6,7 persen. (REUTERS/Stringer).
Para analis yang disurvei sebelumnya memperkirakan ekonomi China akan tumbuh 6,6 persen sepanjang 2018, dan 6,3 persen tahun depan. (AFP PHOTO/STR).
Jika dilihat secara kuartalan, ekonomi China tumbuh melambat menjadi 1,6 persen dari revisi 1,7 persen pada kuartal II, sejalan dengan ekspektasi pertumbuhan. (Nicolas ASFOURI/AFP).
Pemicunya didorong oleh data ekonomi terbaru Negeri Tirai Bambu yang menunjukkan pelemahan di sektor permintaan domestik. (Johannes EISELE/AFP).
Ekonom Senior menilai perlambatan ekonomi China cukup signifikan, meskipun pemerintah sudah berjanji mendorong investasi domestik yang mendukung ekonomi.(WANG ZHAO/AFP).
Negosiasi untuk menyelesaikan sengketa dagang yang semula digelar antara China dan AS terhenti. (Nicolas ASFOURI/AFP).
Pekan lalu, China mengumumkan rasio persyaratan cadangan (reserve requirement ratio/RRR) keempat yang dipotong tahun ini.(REUTERS/Stringer).
RRR meningkatkan langkah untuk menurunkan pembiayaan, di tengah kekhawatiran ekonomi dan perselisihan dagang dengan Amerika Serikat. (Nicolas ASFOURI/AFP).
Dari sisi manufaktur, data menunjukkan pertumbuhan output pabrik China yang melemah menjadi 5,8 persen pada September, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. (GREG BAKER/AFP).
Melihat ada risiko, Gubernur Bank Sentral China Yi Gang mengaku masih akan melihat sisi lain untuk melakukan penyesuaian suku bunga dan tingkat bank yang akan dijadikan cadangan. (Photo by WANG Zhao / AFP).
Di lain sisi, Yi Gang juga mengatakan pertumbuhan negara itu masih akan mencapai target untuk setahun penuh yang telah ditetapkan, yaitu sekitar 6,5 persen. (Nicolas ASFOURI/AFP).