FOTO: Jembatan Laut Hong Kong-Makau

AFP PHOTO, REUTERS, CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 18:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jembatan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Makau ke daratan China telah dibuka secara resmi pada 23 Oktober 2018.

Jembatan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Makau ke daratan China telah dibuka secara resmi pada 23 Oktober 2018. (REUTERS/Aly Song).
Peresmian jembatan terpanjang penghubung Hong Kong dan Makau itu dilakukan melalui upacara yang dihadiri Presiden China Xi Jinping dan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam. (REUTERS/Bobby Yip).
Jembatan yang membentang sejauh 55 km ini menghabiskan dana investasi mencapai US$20 miliar. (Photo by Anthony WALLACE/AFP).
Jembatan memiliki keunikan berupa tersedianya kamera pendeteksi kantuk. Ketika pengemudi melewati jembatan, denyut jantung dan tekanan darah mereka akan dipantau. Jika pengemudi menguap lebih dari tiga kali dalam 20 detik, kamera pendeteksi kantik akan meningkatkan peringatan. (Photo by Anthony WALLACE/AFP).
Meskipun jembatan dibangun untuk mendekatkan daerah otonom Hong Kong dan Makau ke daratan China, namun akses jembatan hanya untuk beberapa orang terpilih. (Photo by Anthony WALLACE/AFP).
Warga Hong Kong akan memerlukan izin khusus untuk berkendara melintasi jembatan. Izin jangka panjang hanya diberikan kepada orang-orang yang memenuhi kriteria ketat. (Photo by Anthony WALLACE/AFP).
Warga yang dapat melintasi jembatan harus memenuhi kriteria seperti, membayar pajak dengan jumlah signifikan di China, dan menyumbangkan uang untuk amal di Provinsi Guangdong, China selatan. (REUTERS/Aly Song).
Dalam pidato singkat, Presiden China Xi Jinping menyatakan jembatan terbuka ketika kembang api digital meledak. Jembatan akan dibuka untuk lalu lintas umum pada Rabu (23/10) mendatang. (REUTERS/Bobby Yip).