Pemerintah Patok Empat Kawasan Ekonomi Khusus Beroperasi 2018

CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 23:32 WIB
Pemerintah Patok Empat Kawasan Ekonomi Khusus Beroperasi 2018 Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Wahyu Utomo mengatakan empat Kawasan Ekonomi Khusus akan beroperasi akhir tahun ini. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah menyatakan empat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru akan beroperasi tahun ini. Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Wahyu Utomo mengatakan empat KEK tersebut; Galang Batang, Arun Lhokseumawe, Moratai dan Bitung.

Wahyu mengatakan saat ini rencana operasi ke-4 KEK tersebut sedang dibahas di Dewan nasional KEK. "Kami maunya cepat. Tapi harus dirapatkan dulu, dilaporkan ke presiden bahwa empat KEK tersebut siap operasi," katanya di Jakarta, Selasa (23/10).
Wahyu berharap operasi empat KEK tersebut nantinya bisa berjalan sukses. Oleh sebab itulah, ia berharap Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) bisa memasarkan KEK yang dibangun pemerintah kepada investor di luar negeri. 

Pemerintah menargetkan pada 2019 nanti 25 KEK bisa beroperasi. Tapi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan dari total KEK yang ingin dikembangkan tersebut sampai saat ini baru beroperasi empat saja.


KEK yang sudah beroperasi tersebut adalah; Sei Mangkei di Sumatera Utara, KEK Tanjung Lesung di Banten, Kek Palu di Sulawesi Tengah dan KEK Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

(mjs/agt)