Jokowi Pamer Ekspor Motor Capai 600 Ribu Unit

CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 16:42 WIB
Jokowi Pamer Ekspor Motor Capai 600 Ribu Unit Presiden Jokowi saat mengunjungi IMOS 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak senang dengan kinerja industri sepeda motor. Ia menyebutkan bahwa produksi sepeda motor nasional mencapai 6,5 juta unit.

"Hampir 600 ribu-an ekspor (sepeda motor). Ini bagus. Selalu tadi saya tanyakan, yang ekspor yang mana. Saya kira ini sesuatu yang bagus sekali bisa ekspor sebanyak itu," ujarnya saat menyambangi Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di JCC, Sabtu (3/11).

Sepeda motor yang diekspor itu disebut memiliki komponen bahan baku buatan dalam negeri hingga di atas 90 persen dan masuk ke 45 negara sahabat.


"Local content hampir rata-rata sudah di atas 90 persen, 95 persen, 97 persen. Saya kira ini sangat bagus sekali," imbuh Jokowi.

Ia menyarankan pelaku industri untuk terus mencermati pasar-pasar tujuan ekspor baru yang selama ini belum ditembus oleh Indonesia.

Jokowi hadir di IMOS 2018 didampingi anak buahnya. Ia tiba dengan balutan jaket merah bertuliskan Bulls Syndicate Motorcycle Worshipper. Kehadirannya menarik perhatian pengunjung yang memadati pameran motor tersebut.


Di sela-sela kunjungannya, ia sempat menyambangi beberapa gerai pameran, sembari menunggangi beberapa jenis motor.

Saat menjajal beberapa motor, ia mendengarkan penjelasan Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Yohanes dan ‎Ketua Pelaksana Pameran Andi.

Yohanes dan Andi kemudian menyinggung soal pembelian motor yang dilakukan Jokowi belum lama ini.


Jokowi tak menggubris. "Hanya pegang-pegang saja. Masa enggak boleh? Semua saya pegangin. baru (beli) tiga minggu lalu. Cuma belum keluar," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi membeli sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc yang dimodifikasi bergaya chopperland. Sepeda motor yang dimodifikasi bengkel Elders Garage dan Kickass Chopper ini dibeli Jokowi seharga Rp 140 juta.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negera (LHKPN) 2014, Jokowi juga memiliki sepeda motor Yamaha Mio tahun pembuatan 2008 yang dibeli tahun 2008 senilai Rp11 juta dan sepeda motor Yamaha Vega tahun pembuatan 2001 bernilai Rp2,5 juta.


(chri/bir)