Merpati Perlu Penuhi Banyak Syarat untuk Bisa Terbang Kembali

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 16:07 WIB
Merpati Perlu Penuhi Banyak Syarat untuk Bisa Terbang Kembali Ilustrasi Merpati. (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk bisa terbang kembali PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) perlu memenuhi banyak syarat. Setidaknya, ada empat syarat yang harus mereka penuhi.

Syarat tersebut adalah; memiliki armada, memiliki awak serta pilot dan kondisi keuangan mereka sehat. Selain syarat tersebut, Merpati juga harus memenuhi syarat keselamatan dan keamanan.

"Kami memang berharap Merpati bisa sembuh. Tapi untuk terbang lagi ada syarat umum yang harus dipenuhi," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/11).



PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) akan beroperasi kembali. Direktur Utama Merpati Airlines Asep Ekanugraha mengklaim perusahaan siap beroperasi tahun depan, menyusul rencana restrukturisasi dan revitalisasi.

Manajemen, lanjut Asep, telah menemukan investor yang siap menyuntikkan dana segar.  PT Intra Asia Corpora disebut-sebut akan menjadi investor Merpati Airlines. Dikabarkan, dana segar yang akan disuntikkannya mencapai Rp6,4 triliun.

Meskipun demikian, sampai saat ini Budi mengatakan Kementerian Perhubungan belum menerima pengajuan pengoperasian kembali dari pihak Merpati.

Direktur Jenderal Angkutan Udara Kementerian perhubungan Maria Kristi Endah Murni mengatakan untuk bisa operasi, Merpati perlu mengurus izin dari proses awal. "Awal lagi melalui sistem Online Single Submission," katanya. 

(Antara/agt)