Kadin Gandeng Pengusaha Keramba Jaring Apung di Sulsel 2019

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 03:41 WIB
Kadin Gandeng Pengusaha Keramba Jaring Apung di Sulsel 2019 Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ekho Ardiyanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bakal bekerja sama dengan pengusaha keramba jaring apung (KJA) di Sulawesi Selatan pada awal 2019. Tujuannya, untuk membudidayakan ikan laut di masa mendatang.

Wakil Ketua Umum Kelautan dan Perikanan Kadin Yugi Prayanto mengatakan pihaknya meramalkan potensi budi daya laut akan semakin baik, sehingga kerja sama akan dilakukan paling cepat akhir 2018 atau Januari 2019.

"Kami mengkaryakan nelayan daerah lalu bagi hasil, karena kan keramba jaring apungnya kerja sama," ucap Yugi, Rabu (14/11).



Saat ini, Kadin masih diskusi soal pembagian investasi dengan pengusaha keramba jaring apung di Sulawesi Selatan.

"Untuk pembagian hasil belum ada kesepakatan, sekarang masih negosiasi investasi mulai tahap awal dulu," tutur Yugi.

Selain Sulawesi Selatan, Kadin juga berupaya menjaring kerja sama dengan pengusaha keramba jaring apung di beberapa daerah lain. Namun, Yugi enggan membocorkan lebih rinci kawasan yang menjadi target Kadin.


"Ada daerah lain, tapi nanti dulu saya tidak mau mendahului ketua Kadin daerah," jelas Yugi.

Terkait nominal investasi yang akan digelontorkan oleh Kadin, Yugi mengaku pihaknya masih berhitung dan memeriksa langsung ke lapangan untuk menentukan modal awal.

"Investasi tergantung ukuran (keramba jaring apung), mau didata dulu Sulawesi Selatan ini cocoknya berapa," pungkas Yugi.

(aud/lav)