FOTO: Lapak Lelang Barang Gratifikasi Dibuka Online Hari Ini

Safir Makki, CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 18:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan meluncurkan bursa lelang online. Beberapa barang terpampang di www.lelang.go.id, termasuk barang gratifikasi yang disita oleh KPK.

Kementerian Keuangan melelang 58 barang gratifikasi yang disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (15/11). (CNNIndonesia/Safir Makki).
Bursa lelang dilakukan secara offline dan online, bersamaan dengan diluncurkannya situs www.lelang.go.id. Bagi masyarakat yang berminat berpartisipasi, pertama-tama hanya perlu mendaftarkan diri dan membuat akun dengan mengunggah tanda pengenal, seperti KTP dan NPWP. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Setelah terdaftar dan memiliki akun lelang online, tahap selanjutnya adalah open house. Masyarakat yang berpartisipasi wajib menyetor uang jaminan ke nomor rekening virtual account (VA). Nomor VA bisa dilihat setelah peserta berhasil mendaftar. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Di antara 58 barang gratifikasi sitaan KPK yang dilelang Kemenkeu, ada juga barang pecah belah. Seperti, parsel tea set yang dibuka mulai dari Rp263 ribu. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Beberapa barang yang dilelang, antara lain logam mulia, tas, kain batik, jam tangan, vas, keris, perangkat penyaji makanan, voucher belanja, hingga uang elektronik. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Untuk melihat katalog barang yang dilelang, calon peserta lelang bisa memindai kode batang (barcode) lewat ponsel yang telah disediakan panitia. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Kemenkeu mencatat sekitar 52 barang gratifikasi sitaan KPK, dilelang dengan nilai limit maksimal Rp49,9 juta. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Barang lelang lainnya, yaitu dasi merek Hermes dibanderol mulai Rp739 ribu, parfum Bottega Veneta Rp788 ribu, dan ikat pinggang Louis Vuitton seharga Rp88 ribu. (CNNIndonesia/Safir Makki).