INKA Tawarkan Kontrak Perawatan KA ke Bangladesh

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 05:10 WIB
INKA Tawarkan Kontrak Perawatan KA ke Bangladesh Ilustrasi kereta buatan INKA. (ANTARA FOTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) menawarkan kontrak perawatan kereta api kepada badan transportasi kereta api Bangladesh, Bangladesh Railway. Staf tim purna jual (aftersales) PT INKA Triono mengatakan tawaran diberikan karena pihaknya melihat operasional dan sistem perawatan kereta di negara tersebut masih kurang.

"Kurang standar karena jumlah kereta yang ada saat ini di Bangladesh masih kurang dibandingkan populasi penduduk," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/11).


Bangladesh dalam beberapa tahun ini mempercayakan pemenuhan kebutuhan armada keretanya pada produk buatan Inka. Pada 2016 lalu, Inka mendapatkan pesanan 150 kereta dari negara tersebut. Pada 2016, Inka kembali mendapatkan pesanan 250 kereta dari Bangladesh.


Triono mengatakan pada setiap kontrak penyediaan kereta, pihaknya sebenarnya sudah memberikan garansi dan layanan pendampingan operasional selama dua tahun. Tapi dengan mempertimbangkan kondisi lapangan dan penggunaan kereta di Bangladesh, perawatan kereta ekstra diperlukan.

Pasalnya, Bangladesh masih mengizinkan penumpang kereta naik di atas gerbong. "Gerbongnya dari Inka memang sudah dirancang kuat, namun dengan mempertimbangkan kondisi lapangan, Inka menekankan perawatan yang lebih baik untuk kereta tersebut," katanya. 


(Antara/agt)