BEI Sebut 45 Emiten Bakal Melantai di Bursa Saham pada 2019

CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 18:03 WIB
BEI Sebut 45 Emiten Bakal Melantai di Bursa Saham pada 2019 Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan jumlah perusahaan yang berencana menjual saham perdana di pasar modal atau biasa disebut Initial Public Offering (IPO) pada 2019 mencapai lebih dari 45 perusahaan.

"Dari yang kami tanya pada periode dua bulan kemarin sekitar 45 perusahaan (yang IPO tahun depan). Tapi kan belum semua underwriter (penjamin emisi) kami tanya," papar Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, Kamis (22/11).

Jumlah perusahaan tersebut bahkan lebih banyak dari target BEI sebelumnya yang memperkirakan hanya 35 perusahaan menjadi perusahaan terbuka di pasar modal pada tahun depan.



Namun, Nyoman belum bisa memastikan total raihan dana yang dibidik masing-masing perusahaan. Ia juga tak memberikan informasi rinci jumlah raihan dana emiten dari aksi korporasi tersebut lebih tinggi dari tahun ini atau tidak.

"Untuk mendapatkan perkiraan dananya berapa masih harus ngobrol dulu sama mereka," sambung Nyoman.

Sementara itu, BEI menyebut jumlah perusahaan baru yang melantai di pasar modal sampai akhir tahun ini bisa mencapai 64-65 emiten. Per November, jumlah emiten baru di BEI sebanyak 55 perusahaan. Realisasi itu juga sudah melampaui dari target BEI yang hanya 35 emiten.


"Dengan asumsi mudah-mudahan dari diskusi terakhir dengan mereka (underwriter) tidak ada perubahan atau pergeseran ya," ujar Nyoman.

Nyoman optimistis tahun politik tak akan menjadi penghalang bagi perusahaan tertutup untuk mengganti statusnya menjadi perusahaan terbuka. Hal ini berlaku selama semua kegiatan politik berlangsung dengan aman dan damai.

Seperti diketahui, pesta demokrasi berupa pemilihan presiden (Pilpres) akan dilaksanakan pada April 2018 besok. Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menempati nomor urut pertama sebagai sepasang calon presiden dan wakil presiden dan pasangan calon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapatkan nomor urut dua.

(aud/lav)