Tol Bocimi Sesi 1 Pangkas Waktu Tempuh Ciawi-Cigombong

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 10:47 WIB
Tol Bocimi Sesi 1 Pangkas Waktu Tempuh Ciawi-Cigombong Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi telah resmi beroperasi dan digratiskan selama sepekan. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tol ruas Tol Ciawi-Cigombong Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong (15,3 Km) yang pada akhir pekan lalu baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo akan memangkas waktu tempuh dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 20 menit.

"Alhamdulillah jalan tol Ciawi-Cigombong telah selesai, paling tidak ini bisa mengurai kemacetan. Kami harapkan nanti di tahun 2020, jalur ke Sukabumi selesai, kemudian terus dilanjutkan terus sampai ke Jogja," ujar Jokowi di sela-sela peresmian, akhir pekan lalu.

Adapun secara keseluruhan proyek tol Ciawi-Sukabumi ini memiliki total panjang 54 Km dan dibagi menjadi empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.


"Tadi ada yang membisiki saya, dari Bogor ke Sukabumi normal saja, macet itu disebut normal, bisa sampai 5 jam. Bahkan bisa menjadi tidak normal sampai 7 jam," ujar Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

"Dan ini tidak boleh diteruskan, mobilitas orang, barang dan mahalnya transportasi haris betul-betul diselesaikan," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan tol yang diresmikan saat ini merupakan bagian dari tol trans Jawa bagian selatan.

"Jadi kalau kami sebelumnya punya jalur Pantura, sekarang ini yang namanya tol trans jawa hanya ada Pantura. Sekarang ini kita harus segera, kalau tidak (segera) nantinya akan seperti Cipali. Cipali ini yang ke perapatan sudah penuh sekarang. Kalau kita tidak segera bikin yang Selatan, jalur utara akan terus semakin macet, karena konsentrasinya ke jalur utara semua," ujarnya.

Kehadiran trans Jawa bagian selatan ini juga diharapkan akan memecah kemacetan dari jalur utara.

Sementara itu, seksi II Cigombong-Cibadak saat ini dalam tahap pengadaan lahan dengan progres 59% sudah bebas. Konstruksi sudah dimulai dan ditargetkan tampung tahun 2020. Keselurahan Tol Ciawi-Sukabumi ditargetkan rampung tahun 2021.

Nantinya apabila Tol Ciawi-Sukabumi (54 Km) sudah beroperasi penuh maka dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Tol Ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5-5 jam menjadi sekitar 40 menit.

(vws)