Curhat Menteri Basuki soal Rumah Bakal Kena Gusur Proyek Tol

CNN Indonesia | Senin, 10/12/2018 13:20 WIB
Curhat Menteri Basuki soal Rumah Bakal Kena Gusur Proyek Tol Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku rumah pribadinya di Bekasi bakal terkena gusur untuk pembagunan proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku turut terkena imbas pembangunan infrastruktur yang tengah gencar dilakukan Presiden Joko Widodo. Rumah pribadinya yang berada di Bekasi, Jawa Barat bakal terkena gusur untuk pembangunan proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Tol Becakayu merupakan proyek garapan PT Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang beberapa seksinya sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Namun, masih ada seksi lain yang masih dalam tahap pembangunan.


"Rumah asli saya di Bekasi mau digusur untuk Tol Becakayu. Baru kali ini dalam sejarah, rumah menteri digusur untuk tol," ujar Basuki diikuti tawa oleh para peserta acara bertajuk Spirit of KPR BTN di Jakarta Pusat, Senin (10/12).


Ia bercerita, pihak Waskita sebenarnya sempat menawarkan untuk membelokkan jalur tol tersebut agar tidak sampai menggusur rumah pribadinya. Namun, ia meminta Waskita membangun jalur tol sesuai dengan jalur yang telah dipetakan semula.


"Waktu itu sama Waskita mau dibelokkan, tapi saya bilang ke Waskita, 'Jangan dibelokkan, saya mau tunggu ganti ruginya' begitu," imbuhnya sembari terkekeh.

Basuki pun meminta masyarakat yang terkena gusur merelakan huniannya untuk pembangunan infrastruktur. Harapannya, proyek infrastruktur yang dibangun bakal memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat. (uli/agi)