Sinyal Damai Perang Dagang akan Topang IHSG

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 06:54 WIB
Sinyal Damai Perang Dagang akan Topang IHSG Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham gabungan (IHSGdiprediksi melanjutkan penguatannya Rabu (13/12) ini. Salah satu sentimen positif untuk indeks berasal dari global, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Mulai membaiknya hubungan China dan AS diprediksi dapat mendorong penguatan IHSG," kata Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan seperti dikutip dari risetnya, Kamis (13/12).

Seperti diketahui, pemerintahan AS dan China sepakat untuk berdiskusi bersama dalam menyusun peta jalan atau roadmap terkait kerja sama perdagangan antara kedua belah pihak. Hal itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan awal AS dan China untuk menahan gencetan senjata dengan sama-sama menaikkan tarif perdagangan.


Untuk hari ini, Dennies memprediksi IHSG bergerak dalam kisaran support 6.071-6.093 dan resistance 6.127-6.139. Meski berpotensi menguat, Dennies melihat sifatnya hanya terbatas karena IHSG sebenarnya masih berada di area jenuh beli (overbought).


"IHSG berhasil bangkit setelah beberapa hari terkoreksi, namun potensi penguatan cukup terbatas," jelas Dennies.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai hal yang sama. Menurutnya, penguatan IHSG masih akan didorong oleh fundamental ekonomi Indonesia yang dinilainya masih positif.

"Sehingga dapat menunjang progress kenaikan IHSG hingga masa yang akan datang," papar William melalui risetnya.


Ia optimistis IHSG akan bergerak di zona hijau dalam jangka pendek dan menengah. William meramalkan indeks bergerak dalam rentang 5.955-6.226.

IHSG kemarin sore ditutup di level 6.115. Angka itu naik tipis sebesar 0,64 persen atau 38,99 poin dibandingkan perdagangan sebelumnya. Meski begitu, pelaku pasar asing masih tercatat jual bersih (net sell) di pasar reguler sebesar Rp644,83 miliar.

Pergerakan positif juga terjadi di bursa saham Wall Street tadi malam. Tiga indeks utamanya berakhir di zona hijau, di antaranya Dow Jones menguat 0,64 persen, S&P500 menguat 0,54 persen, dan Nasdaq Composite menguat 0,95 persen.

 
(aud/agt)