Klaim Asuransi Kebakaran California Diperkirakan Rp130 T

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 12:54 WIB
Klaim Asuransi Kebakaran California Diperkirakan Rp130 T Ilustrasi kebakaran California. (REUTERS/Noah Berger)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klaim asuransi atas kebakaran di California yang membunuh 89 orang dan merusak 19 ribu rumah diperkirakan mencapai US$9 miliar atau sekitar Rp130 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar AS).

"Kebakaran hutan dahsyat tahun 2018 adalah bencana alam liar paling mematikan dan paling mahal dalam sejarah California," ujar Komisaris Asuransi," ujar Komisaris Departemen Asuransi California Dave Jones , dikutip dari AFP, Rabu (13/12).

Jones menyebut perkiraan klaim tersebut termasuk tiga kebakaran hutan sebelumnya yakni Api Camp, The Woolsey Fire dan Hill Fire.



Sebagian besar pembayaran asuransi atau sekitar US$7 miliar menyangkut Camp Fire di California Utara, yang menyapu bersih kota Paradise dan menewaskan 86 orang. Kebakaran itu dinilai paling mematikan dalam sejarah California baru-baru ini.

Tiga orang lainnya tewas di Woolsey Fire, yang menghancurkan ratusan rumah dan bisnis di Southern California, termasuk rumah beberapa selebriti di Malibu.


Api ketiga, Api Bukit, juga di California Selatan, membakar ribuan hektar Lembah Santa Rosa. Klaim asuransi untuk kebakaran tersebut diperkirakan mencapai US$2 miliar.

Nancy Kincaid, juru bicara untuk Departemen Asuransi California mengatakan klaim asuransi untuk kebakaran tahun ini kemungkinan memecahkan rekor US$ 10,4 miliar yang dibayarkan tahun lalu menyusul kebakaran hutan mematikan di negara bagian tersebut. (AFP/agi)