4 Orang Kaya Baru, dari Bos Asuransi hingga Produsen Susu

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 13:11 WIB
4 Orang Kaya Baru, dari Bos Asuransi hingga Produsen Susu Ilustrasi Forbes. (CNN Indonesia/Agust Supriadi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Forbes merilis empat nama orang kaya baru dari Indonesia. Sebagian besar nama-nama orang kaya baru yang berhasil masuk daftar karena kenaikan harga saham perusahaan yang mereka miliki.

Mereka adalah Danny Nugroho, Benny Tjokrosaputro, Sabana Prawiradjaja, dan Kardja Rahardjo.

Danny Nugroho ada di daftar ke-38 orang terkaya di Indonesia dengan harta sebanyak US$790 juta. Ia menjadi salah satu orang terkaya setelah harga saham perusahaannya yang bergerak di sektor keuangan dan asuransi, yaitu Capital Finance Indonesia, melejit hampir dua kali lipat.

4 Orang Kaya Baru, dari Bos Asuransi Hingga Produsen SusuDanny Nugroho, orang kaya baru di Indonesia. (Dok. Bank Capital Indonesia via Web).



Danny disebut sebagai pemilk mayoritas saham Capital Finance Indonesia dan PT Bank Capital Indonesia Tbk. Ia juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Bank Capital sejak 2004 lalu.

Sementara itu, Benny Tjokrosaputro menduduki peringkat ke-43 dalam daftar orang kaya baru versi Forbes. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$670 juta. Ia berkantong tebal setelah menawarkan saham perdana (IPO) Sinergi Megah Internusa pada Juli 2018 lalu di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ia diketahui memiliki sekitar 84 persen saham perusahaan yang juga mengelola Lafayette Boutique Hotel di Yogyakarta. Saham perusahaan diperkirakan bernilai US$225 juta pada akhir November 2018.


4 Orang Kaya Baru, dari Bos Asuransi Hingga Produsen SusuBenny Tjokrosaputro, orang kaya baru di Indonesia. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki).



Pendatang orang terkaya baru lainnya, yakni Sabana Prawiradjaja, pendiri Ultrajaya Milk Industry, produsen susu terbesar di Indonesia. Ia menduduki peringkat ke-47 dalam daftar orang terkaya RI dengan harta senilai US$640 juta.

Diikuti oleh Kardja Rahardjo. Pemimpin Pelayaran Tamarin Samudra tersebut menjadi orang kaya di urutan ke-48 dengan harta sebesar US$625 juta.

Sementara, Arifin Panigoro kembali ke daftar orang terkaya di Indonesia di urutan ke-46. Pemilik harta kekayaan US$655 juta tersebut sempat absen selama setahun dari daftar Forbes. (bir)