Orang Kaya Termuda versus Orang Kaya Lanjut Usia

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 17:53 WIB
Orang Kaya Termuda versus Orang Kaya Lanjut Usia Ilustrasi aset kekayaan. (REUTERS/Petr Josek).
Jakarta, CNN Indonesia -- Usia tak menjadi batasan seseorang untuk menjadi sukses. Hal ini dibuktikan dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang berasal dari beragam lapisan usia, dari orang kaya termuda berusia 42 tahun hingga tertua berusia 95 tahun.

Dalam daftar 50 orang terkaya yang dirilis Forbes, Ciliandra Fangiono dinobatkan sebagai orang kaya termuda di Indonesia. Pria berusia 42 tahun itu merupakan pemilik sekaligus CEO First Resources Ltd, perusahaan minyak sawit yang terdaftar di bursa Singapura.

Pria lulusan Cambridge University itu terdaftar sebagai orang terkaya di peringkat 28 dengan total kekayaan mencapai US$1,19 miliar atau Rp17,37 triliun.



Orang kaya termuda kedua diduduki oleh Danny Nugroho yang berusia 43 tahun. Pemilik pengendali saham PT Bank Capital Indonesia itu berada di urutan orang terkaya ke-38 dengan total kekayaan US$790 juta.

Ketika Taipan Benny Subianto meninggal pada Januari 2017, putri sulungnya, Arini Subianto dipercaya memegang kendali perusahaan raksasa milik keluarga PT Persada Capital Investama. Perempuan berusia 47 tahun akhirnya dinobatkan sebagai orang kaya termuda ketiga yang memiliki total aset mencapai US$665 juta.

Berada di urutan 44 dari 50 orang terkaya di Indonesia, Arini mengelola bisnis perusahaan di bidang pengolahan produk kayu dan minyak sawit. Persada juga memiliki saham pada PT Adaro Energy Tbk.


Presiden Direktur dan CEO PT Hanson Internasional Tbk Tjokrosaputro Benny yang berusia 49 tahun menempati daftar orang kaya termuda berikutnya. Orang terkaya ke-43 yang memiliki kekayaan US$670 juta itu diketahui telah berinvestasi saham mulai usia 19 tahun.

Sektor industri properti yang digelutinya saat ini jauh berbeda dari bisnis sang kakek yang merupakan pendiri Batik Keris, Kasom Tjokrosaputro.

Selanjutnya, Garibaldi Thohir berada di urutan orang terkaya ke-16 dengan aset mencapai US$1,7 miliar. Pria yang akrab disapa Boy Thohir itu merupakan CEO sekaligus pemilik mayoritas PT Adaro Energi Tbk, salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia.


Pria berusia 53 tahun itu juga mendirikan perusahaan pembiayaan Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) yang mendistribusikan sepeda motor Honda. Belum puas, Boy memborong saham penyedia telekomunikasi seluler Hutchison 3 Indonesia.

Tak hanya orang-orang muda, daftar orang terkaya di Indonesia juga masih ditempati para taipan besar yang sudah lama bergelut di dunia bisnis nasional.

Salah satunya, Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya yang memiliki usia paling matang, yakni 95 tahun. Pemilik bisnis Sinar Mas Group itu memulai bisnis dengan menjual biskuit pada usia remaja.

Saat ini, gurita bisnisnya bergerak di bidang real estate, layanan finansial, agribisnis, produksi kertas, hingga layanan telekomunikasi dan merangkum aset kekayaan mencapai US$8,6 miliar. Pria yang memiliki 15 orang anak ini menyerahkan beberapa usahanya kepada putra-putri. Salah satunya, Franky Widjaja yang menjalankan bisnis minyak sawit raksasa Asia, Golden Agri-Resources.


Orang Kaya Termuda:
1. Ciliandra Fangiono (42 tahun)
2. Danny Nugroho (43 tahun)
3 Arini Subianto (47 tahun)
4 Tjokrosaputro Benny (49 tahun)
5 Garibaldi Thohir (53 tahun)
6 Hary Tanoesoedibjo (53 tahun)
7 Chairul Tanjung (56 tahun)
8 Kardja Rahardjo (57 tahun)
9 Martua Sitorus (58 tahun)
10 Abdul Rasyid (60 tahun)

Orang Kaya Tertua:
1. Eka Tjipta Widjaja (95 tahun)
2. Harjo Sutanto (92 tahun)
3. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (90 tahun)
4. Mochtar Riady (89 tahun)
5. Kartini Muljadi (88 tahun)
6. Achmad Hamami (88 tahun)
7. Ciputra (87 tahun)
8. Boenjamin Setiawan (85 tahun)
9. Soegiarto Adikoesoemo (80 tahun)
10. Sabana Prawirawijaya (78 tahun) (lav/bir)