Bos Blue Bird 'Ditendang' dari Daftar 50 Orang Terkaya RI

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 17:09 WIB
Bos Blue Bird 'Ditendang' dari Daftar 50 Orang Terkaya RI Pemilik Blue Bird Purnomo Prawiro keluar dari daftar 50 orang terkaya seiring turunnya harga saham perusahaan akibat persaingan ketat dengan taksi online. (Dok. Blue Bird)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilik grup perusahaan taksi Blue Bird Purnomo Prawiro keluar dari daftar 50 orang terkaya versi majalah Forbes. Tahun lalu, ia menempati posisi ke-45 orang terkaya di Indonesia dengan harta mencapai US$640 miliar atau sekitar Rp8,6 triliun.

Saat ini, orang terkaya pada urutan paling bawah dalam daftar Forbes disematkan kepada Abdul Rasyid, pemilik perusahaan sawit Sumbermas Sarana. Total kekayaannya mencapai US$600 miliar.


Dikutip dari Forbes, keluarnya Purnomo dari daftar orang terkaya di Indonesia seiring dengan turunnya harga saham Blue Bird. Penurunan saham terutama akibat makin ketatnya persaingan perusahaan dengan taksi online.


Sepanjang tahun ini, harga saham Blue Bird tercatat turun mencapai 20,13 persen menjadi di kisaran 2.700 per saham. Padahal, di akhir tahun harga sahamnya masih berada di kisaran 3.460 per saham.


Berdasarkan laporan keuangan perseroan, Blue Bird sebenarnya mencatatkan perbaikan kinerja di tahun ini. Hingga kuartal III 2018, laba bersih Blue Bird meningkat dari Rp304 miliar pada periode yang sama tahun lalu menjadi Rp337 miliar.

Kinerja tersebut membaik setelah pada sepanjang tahun lalu, perusahaan mencatatkan penurunan laba dari Rp500,9 miliar pada 2016 menjadi Rp421,7 miliar. (agi/agi)