Tol Pertama di Aceh Ditargetkan Rampung 2021

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 01:27 WIB
Tol Pertama di Aceh Ditargetkan Rampung 2021 Ilustrasi jalan tol. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan tol pertama di Provinsi Aceh menghubungkan Banda Aceh-Sigli yang secara resmi memulai pengerjaan (groundbreaking) ditargetkan akan rampung 2021 mendatang.

"Untuk jalan tol Banda Aceh-Sigli, ditargetkan akan rampung pada tahun 2021 pada bulan Maret," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto saat ditemui di lokasi groundbreaking di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat, (14/12).

Sugiyartanto menuturkan pengerjaan jalan tol pertama di Aceh sepanjang 74 kilometer dengan enam segmen pengerjaan tersebut dibagi menjadi dua tahap.


Tahap pertama Januari 2019-April 2020 dan tahap kedua September 2019-Maret 2021.
Untuk tahap pertama, akan dibangun segmen 4 Indrapuri-Blang Bintang, segmen 5 Blang Bintang-Kuto Baro dan segmen 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 26 kilo meter.

Adapun tahap kedua, akan dikerjakan segmen 1 Padang Tiji-Seulimeun, segmen 2 Seulimeun-Jantho dan Jantho-Indrapuri sejauh 48 kilometer.

"Total dana yang diinvestasikan adalah Rp12,35 triliun," ucap Sugiyartanto.

Akan tetapi nilai tersebut, lanjut Sugiyartanto, hanya untuk pembangunan untuk kebutuhan konstruksi. Investasi tersebut di luar biaya untuk pembebasan lahan.
"Pembebasan itu dari dana talangan pemerintah (Lembaga Manajemen Aset Negara/LMAN)," ucap Sugiyartanto.

Dengan adanya jalan tol ini, diprediksi oleh Sugiyartanto, pertumbuhan perekonomian Aceh akan lebih baik dengan terpangkasnya waktu tempuh antara dua kota ini.

"Kalau tol kan 80 km/jam, sedangkan di arteri paling tidak 40-45 km/jam, bisa kita bandingkan, berapa perbedaan biaya transportasi (transport cost) setiap kilometer-nya untuk barang yang diangkut melalui angkutan jasa," ucapnya.

Tol Banda Aceh-Sigli ini terbagi ke dalam enam seksi segmen pengerjaan, yaitu seksi Indrapuri Blang Bintang sepanjang 13 km, seksi Blang Bintang Kutobaro sepanjang 8 km, seksi Kutobaro Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Lalu seksi Padang Tiji Seulimeum sepanjang 26 km, seksi Seulimeum Jantho sepanjang 6 km dan seksi Jantho Indrapuri sepanjang 16 km.

Dengan adanya tol ini, diperkirakan waktu tempuh Banda Aceh-Sigli yang selama ini bisa menghabiskan waktu tiga jam, berkurang dengan signifikan hingga hanya memakan waktu sekitar satu jam saja. (age/age)