FOTO: Pembangunan Desa Miskin di China Berbuah Tumpukan Utang

REUTERS, CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 17:40 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di jantung desa yang miskin, Desa Shazhou, Rucheng, China, pembangunan selama satu dekade dikejar. Hasilnya, utang menumpuk hingga US$1 miliar.

Di jantung desa yang miskin di Shazhou, Rucheng, selatan China, patung tetua China Mao Zedong berdiri. Patung yang diapit diorama tentara merah dan rumah batu bata itu menarik minat wisatawan datang untuk berfoto. (REUTERS/Shu Zhang).
Pejabat daerah Rucheng menyulap desa miskin Shazhou sebagai proyek pariwisata wilayah setempat. Pejabat setempat mengklaim menghabiskan hanya sedikit anggaran untuk mempercantik Desa Shazhou menjadi museum terbuka. Pembangunan ini didedikasikan untuk Partai Komunis China. (REUTERS/Shu Zhang).
Proyek bertajuk Pariwisata Merah yang digagas mantan Kepala Partai Komunis disebut menelan biaya hingga 300 juta yuan. Namun, proyek ini belum berhasil membalikkan modal pemerintah daerah Rucheng. (REUTERS/Shu Zhang).
Akibat pembangunan dan investasi besar-besaran selama satu dekade terakhir untuk mengubah wajah Desa Shazhou, Rucheng, pejabat daerah setempat tercatat memiliki tumpukan utang sebesar US$1 miliar. (REUTERS/Shu Zhang).
Pejabat daerah setempat memutuskan menghemat pengeluaran dengan memangkas investasi publik dalam proyek infrastruktur. Di sisi lain, penjualan lahan pemerintah setempat digencarkan demi menggemukkan pendapatan daerah. (REUTERS/Shu Zhang).
Rucheng tidak sendirian. Ada ratusan kabupaten lainnya di China yang juga terjerat utang karena gencarnya pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah setempat. (REUTERS/Shu Zhang).
China sebagai ekonomi kedua terbesar di dunia akan merayakan ulang tahun ke-40 reformasi ekonomi. Ironisnya, reformasi ekonomi yang berjalan selama 40 tahun tersebut dibayangi dengan kekhawatiran atas utang pemerintah daerah yang terus meningkat. (REUTERS/Shu Zhang).
Tumpukan utang pemerintah daerah di China diperkirakan mencapai 18,4 triliun yuan hingga Oktober 2018. Lembaga pemeringkat dunia, S&P memprediksi utang pemerintah China mencapai 40 triliun yuan. (REUTERS/Shu Zhang).
Kekhawatiran lain dari tumpukan utang pemerintah daerah di China adalah ketergantungan pada pendapatan penjualan lahan yang dapat mendorong gelembung aset di negeri tirai bambu tersebut. (REUTERS/Shu Zhang).