AirAsia Bakal Jual 25 Pesawat Senilai Rp11,1 Triliun

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 21:09 WIB
AirAsia Bakal Jual 25 Pesawat Senilai Rp11,1 Triliun Ilustrasi. (Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan penerbangan bertarif murah asal Malaysia, AirAsia Group Berhad akan menjual sekitar 25 pesawat kepada perusahaan investasi swasta asal Amerika Serikat (AS), Castlelake LP, dengan nilai US$768 juta atau sekitar Rp11,1 triliun.

Dikutip dari Reuters, AirAsia menyatakan Castlelake juga akan membeli empat pesawat baru yang akan dikirim ke AirAsia pada 2019. Pihak AirAsia mengatakan beberapa hasil dari penjualan akan digunakan untuk membayar utang.


Sebanyak 29 pesawat yang terdiri dari tipe Airbus A320-200ceo dan A320neo akan disewakan kembali kepada AirAsia.


Mengutip sumber, Reuters melaporkan Castlelake sepakat membeli sekitar 30 pesawat berbadan sempit dari AirAsia pada awal Desember lalu.

Kesepakatan itu semakin memperlihatkan keinginan kuat perusahaan investasi tersebut untuk menanamkan dananya di sektor penyewaan pesawat, di tengah meningkatnya permintaan layanan angkutan udara berbiaya rendah dengan lalu lintas yang semakin padat.

Castlelake, perusahaan investasi global yang berfokus pada investasi alternatif, telah meningkatkan ekspansinya pada aset penerbangan. Juni 2017, Castlelake mengumpulkan dana senilai US$1 miliar dari investor, termasuk perusahaan keluarga, dana kekayaan negara, dana abadi dan dana pensiun.


Khusus untuk AirAsia, kesepakatan pembelian pesawat menandai langkah lain untuk memonetisasi aset mereka, karena maskapai bertarif rendah terbesar di Asia tersebut berupaya mengubah dirinya menjadi perusahaan yang berfokus pada aset ringan secara digital. Maskapai ini menciptakan uang di tengah hangatnya sektor penyewaan pesawat setelah memesan ratusan pesawat Airbus SE dengan harga murah dalam beberapa tahun terakhir. (Reuters/lav)